KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN 1 PENEBEL

Authors

  • I Made Perdana Skolastika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Dhita Vasya Wedari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

motivasi belajar, capaian belajar bahasa inggris

Abstract

Di antara faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa, motivasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kontribusi motivasi belajar bahasa Inggris terhadap capaian belajar bahasa Inggris peserta didik pada siswa kelas XI SMAN 1 Penebel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post-facto dengan metode deskriptif korelasional. Jumlah responden sebanyak 120 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket berupa skala likert. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana melalui program komputer IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai T hitung variabel motivasi belajar adalah 2.335 dengan nilai signifikansi 0.021 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan dengan arah positif antara variabel motivasi belajar terhadap capaian belajar bahasa Inggris siswa kelas XI di SMAN 1 Penebel

Downloads

Published

2022-07-30

Issue

Section

Articles