KARAKTERISTIK KONTEN DAN PENGGUNAAN BAHASA PADA KONTEN INSTAGRAM DAN YOUTUBE

  • I Gusti Ngurah Ratnadi Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Sumerta Yasa Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ayu Fitri Hardiyanti Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Abstrak
Peran krusial media sosial dalam menghubungkan masyarakat menjadi semakin terasa pada kondisi
pandemi COVID-19 saat ini. Salah dua media sosial yang banyak digunakan saat ini adalah Instagram
dan YouTube. Selain sebagai media interaksi, dua situs ini juga tersedia akses belajar Bahasa Inggris
yang menarik dan murah didukung fitur audio-visual dan konten-konten terverifikasi dari penutur asli
seperti BBC Learning English di Instagram dan Learn English with TV Series di YouTube. Kajian ini
bertujuan untuk menganalisis karakteristik konten dan penggunaan bahasa pada konten di dua akun
tersebut dengan metode kualitatif deskriptif melalui penelaahan fitur variasi bahasa berdasarkan
pendekatan stilistika dan Netspeak dari Crystal (2001). Ditemukan bahwa dari tujuh fitur variasi bahasa,
muncul lima fitur yaitu graphic, orthographic, lexical, phonetic, dan phonological. Dari segi medium
Netspeak, Instagram cenderung memiliki karakteristik speech-like sedangkan YouTube cenderung
memiliki karakteristik writing-like.

Published
2021-08-14