HASIL KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JEPANG PADA KARANGAN MAHASISWA PRODI SASTRA INGGRIS FAKULTAS BAHASA ASING UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR
Keywords:
kesalahan, keterampilan menulis, esai bahasa JepangAbstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang tergolong keterampilan produktif. Dalam proses pembelajaran bahasa Jepang sebagai bahasa asing tambahan di Jurusan Bahasa Inggris, keterampilan ini dianggap oleh
mahasiswa sebagai keterampilan yang paling sulit terutama karena mereka harus mampu menggunakan partikel dan struktur gramatikal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek keterampilan menulis dengan fokus pada keterampilan mikro dan penyebab kesalahannya. Data diperoleh dari karangan esai bahasa Jepang mahasiswa yang diberikan sebagai ujian akhir di Program Studi Sastra Inggris FBA Universitas Mahasasraswati Denpasar. Model strategi analisis deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang aspek linguistik mana yang mengalami interferensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak pembelajar yang belum mampu menggunakan partikel dengan baik dan belum menguasai perubahan kata sifat dan kata kerja dasar menjadi bentuk lampau. Fenomena ini muncul akibat interferensi bahasa ibu dan generalisasi yang berlebihan.