KESEPAKATAN SUBJEK-KATA KERJA DALAM TULISAN SISWA DI TINGKAT UNIVERSITAS

Authors

  • Teo Vany Rahmawelly Universitas Teknokrat Indonesia

Keywords:

kesesuaian subjek-kata kerja, kesalahan tata bahasa, tulisan mahasiswa, lingkungan universitas, deskriptif kualitatif

Abstract

Abstrak: Dalam pembelajaran bahasa, melakukan kesalahan adalah hal yang wajar bagi pelajar di awal karena dapat membuat pelajar memahami kesalahan untuk meningkatkan yang lebih baik bagi pelajar. Mereka sering melakukan kesalahan yang terkait dengan pembuatan kalimat gramatika dalam kesesuaian subjek-kata kerja. Hal ini menjadi kesulitan utama yang dihadapi oleh pelajar bahasa. Di sini, penulis tertarik untuk menganalisis kesalahan tata bahasa dalam kesesuaian subjek-kata kerja dalam karya tulis akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah tata bahasa yang dihadapi oleh siswa dalam hubungan dengan kesesuaian subjek-kata kerja. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lebih lanjut, aturan kesesuaian subjek-kata kerja oleh Kent Uchiyama (2006) dan empat prinsip kategorisasi kesalahan gramatikal oleh Ellis & Barkhuizen (2005) seperti penghilangan, kesalahan pembentukan, kesalahan penghitungan, dan penambahan digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang kesalahan kesesuaian subjek-kata kerja. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan terkait kesesuaian subjek-kata kerja dalam bentuk kala berdasarkan taksonomi permukaan berupa kesalahan penghilangan, kesalahan pembentukan, kesalahan penambahan, dan kesalahan penyusunan. Kesalahan yang paling umum terjadi pada kala sekarang berupa kata kerja dan kata kerja bantu. Kesalahan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tata bahasa dalam pembelajaran bahasa.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles