PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TERINTEGRASI WARISAN BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA DI PEKANBARU
Keywords:
warisan budaya, hasil belajar, pengaruhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembelajaran bahasa Inggris yang terintegrasi dengan warisan budaya lokal terhadap hasil belajar siswa kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pekanbaru. Mengingat pentingnya pelestarian budaya dan potensi integrasinya dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa asing, penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment). Dua kelas X dipilih secara acak, di mana satu kelas menjadi kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran bahasa Inggris dengan materi dan aktivitas yang mengintegrasikan aspek-aspek warisan budaya
Pekanbaru, dan kelas lainnya sebagai kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar bahasa Inggris yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan statistik inferensial untuk menguji perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan empiris
mengenai efektivitas integrasi warisan budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta implikasinya terhadap pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan menarik bagi konteks lokal.