IMPLEMENTASI DO NOW, ACTIVATION, DEMONSTRATION, DAN CONSOLIDATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA ITB STIKOM BALI
Keywords:
pembelajaran aktif, metode empat tahap, Bahasa Inggris untuk ITAbstract
Menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan interaktif menjadi tantangan bagi pengajar, terutama dalam pembelajaran bahasa bagi mahasiswa dengan latar belakang teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran empat tahap, yaitu Do Now, Activation, Demonstration, dan Consolidation, guna meningkatkan keterlibatan mahasiswa ITB STIKOM Bali dalam proses belajar. Subjek penelitian ini adalah 60 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris untuk IT pada semester genap 2024-2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner skala Likert 5 poin untuk mengukur efektivitas pendekatan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merespons metode ini dengan sangat antusias, dengan rata-rata skor sebesar 4.10. Skor ini mengindikasikan bahwa metode empat tahap mampu meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, membantu pemahaman materi, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Dengan demikian, pendekatan ini dapat dijadikan strategi yang direkomendasikan dalam pengajaran bahasa bagi mahasiswa di bidang teknologi informasi.