ANALISIS BAHASA PENILAIAN BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN TERTENTU (ESP): SEBUAH KERANGKA KONSEPTUAL
Keywords:
bahasa penilaian, bahasa inggris untuk tujuan tertentu (ESP), linguistik sistemik fungsional, kerangka konseptualAbstract
Makalah ini menyajikan sebuah kerangka untuk menganalisis bahasa evaluatif dalam konteks Bahasa Inggris untuk Tujuan Tertentu (ESP). Dengan memanfaatkan Teori Penilaian dari Martin dan White (2005), studi ini menggambarkan tiga komponen kunci dari bahasa penilaian diantaranya sikap (attitude), keterlibatan (engagement) dan graduasi (graduation). Pada sikap berfokus pada evaluasi respons emosional (affect), penilaian perilaku (judgment), dan penilaian fenomena (appreciation). Keterlibatan mengeksplorasi hubungan pembicara dengan sudut pandang lain (monogloss vs. heterogloss), sementara graduasi merujuk pada intensitas dan ketepatan bahasa evaluatif. Selain itu, makalah ini berargumen bahwa pemahaman yang komprehensif tentang elemen-elemen tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menganalisis, menilai, dan mengapresiasi berbagai teks secara kritis serta mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti sintesis dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa.