SIKAP BAHASA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 8 SMP NEGERI 2 BONTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
sikap, kesetiaan, kebanggaan, kesadaran, normaAbstract
Penelitian ini berjudul “Sikap Bahasa Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 8 SMP Negeri 2 Bontang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu siswa di lingkungan SMP Negeri 2 Bontang yang terdiri atas berbagai masam etnis/ suku di Indonesia, sebagian besar warga masyarakat Kota Bontang bukan hanya berasal dari satu suku, melainkan dari banyak suku di Indonesia. Sebagai kota industri bahkan kota Bontang dapat dikatakan sebagai miniatur Indonesia kecil, hal yang diduga akan berdampak pada sikap bahasa yang kurang positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa terhadap bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Bontang Tahun Pelajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada 270 responden. Hasil penelitian ini yang mengukur 3 komponen sikap bahasa menurut Garvin dan Mathiot yaitu kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa dan kesadaran adanya norma bahasa, menunjukan secara pasial didapatkan hasil untuk kesetiaan bahasa didapatkan rata-rata skor 1045,6 dengan persentase 77,45% kategori tinggi, untuk kebanggaan bahasa didapatkan rata-rata skor 1270,6 dengan persentase 94,12% kategori sangat tinggi dan kesadaran adanya norma bahasa didapatkan rata-rata skor 1059,6 dengan persentase 78,49 % kateggori tinggi. Sedangkan rata-rata didapatkan hasil bahwa sebagian besar siswa (83,35%) SMP Negeri 2 Bontang bersikap positif terhadap bahasa Indonesia.