PENINGKATAN PEMAHAMAN LINGKUNGAN KEPADA SISWA SD DESA BATUAN KALER MENGENAI KEBERSIHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DAUR ULANG NON ORGANIK SEJAK DINI

Penulis

  • Putu Novia Hapsari Ardianti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Ary Menia Para Midya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Swandewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kebersihan, Pengelolaan, Sampah, Nonorganik

Abstrak

Pentingnya memperkenalkan pemahaman mengenai lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini tidak dapat diragukan lagi. Mengadopsi program pendidikan lingkungan di tingkat sekolah dasar dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan mengelola sampah. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian lingkungan melalui pendekatan edukatif dan pemberdayaan generasi muda. Lingkungan didefinisikan sebagai sebuah entitas yang mencakup semua elemen fisik, biologis, dan perilaku manusia yang berinteraksi di dalamnya, yang secara langsung memengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.. Adapun metode yang dilakukan untuk dapat melaksanakan program kerja ini adalah tahap observasi, edukasi, pendampingan dan sosialisasi serta evaluasi dan metode pendekatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman dan kesadaran siswa/i tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi menjaga alam dan kesehatan serta meningkatkan kreatifitas siswa/i SD dalam membuat kerajinan dengan sampah daur ulang menjadi produk yang bernilai.

Referensi

Ariani, R., & Riza, F.V. (2019). Peningkatan Derajat Kesehatan Melalui Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sejak Dini. Prosiding Seminar Nasional “Kewirausahaan”, Medan 5 Oktober 2019

Harahap, Ismi Suryani, et al. (2022) "Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Sejak Usia Dini." Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 (2022): 236-241.

Ningsih, Yuyun. (2023). Sosialisasi Lingkungan Pada Anak Tingkat Sekolah Dasar Mengenai Sampah Organik Dan Anorganik Di Desa Cibadak.

Simatupang, M.M., Veronica, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah Dan 3R Di SDN Pondok Cina Depok. Prosiding Seminar Nasional “Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat”, Jakarta 1 Maret 2021.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., ... & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah Sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa Mi Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42-4.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Ardianti, P. N. H. ., Dewi, L. A. M. P. M. ., & Swandewi, N. P. A. . (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN LINGKUNGAN KEPADA SISWA SD DESA BATUAN KALER MENGENAI KEBERSIHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DAUR ULANG NON ORGANIK SEJAK DINI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 598–603. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9402