PENGATURAN PEMBUATAN SISTEM REKAPITULASI HARIAN DAN BULANAN BESERTA TRAINING IMPLEMENTASI SISTEM TERHADAP KARYAWAN DI IDOLA EXPRESS FAST BOAT
Kata Kunci:
Pembuatan Sistem, Mentraining Implementasi SistemAbstrak
Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalamnya. pengabdian masyarakat merupakan salah satu program Universitas Mahasaraswati sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa terhadap perusahaan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapanggan kepada mahasiswa tentang kondisi perusahaan secara langsung dan juga untuk membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab mahasiswa selama melaksankan kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satu perusahaan yang menjadi tempat pengabdian masyarakat adalah Idola Express Fast Boat yang berlokasi di jalan Matahari Terbit, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, kota Denpasar. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan dan dapat mengefisienkan pekerjaan dengan baik. Dalam pencatatan segala transaksi di Perusahaan Idola Express Fast Boat masih mencatat secara manual. Mulai dari proses pencatatan list penumpang hingga laporan rekapitulasi harian hingga bulanan sehingga sering terjadinya ketidaksesuaian antara pemasukan, pengeluaran dan bon dari mitra agent. Selain itu, perusahaan ini kesulitan dalam penutupan buku akhir bulan karena proses yang dilakukan masih secara manual sehingga sering terjadinya ketidaksesuaian hasil kas awal dengan kas akhir. Agar dapat mempermudah jalannya operasional perusahaan maka dilakukan pembuatan sistem rekapitulasi harian dan bulanan beserta mentraining implementasi sistem tersebut terhadap karyawan.
Referensi
Yuesti Anik, & Dwiningtyas, N.M.I. (2022). Mengoptimalkan Strategi Pemasaran di Pt.Nico Trans Wisata Pada Masa Pandemi Covid-19. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Yuesti Anik, & Pransisca, N.K.F. (2022). Mengoptimalkan Kinerja Karyawan dan Pendapatan Perusahaan Bali 911 Dental Clinic & Implant Center Pada Masa Pandemi Covin-19. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasarswati Denpasar.
Yuesti Anik, & Yanthi, N.L.E.D. (2022). Mengoptimalkan Tingkat Kecemasan bapak/Ibu Guru dan Pegawai Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Mengwi. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar.