PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN JASA KOPERASI DAN UPAYA KREDIT MACET PADA KSU SEMETON BALI SATYA
Kata Kunci:
Media Sosial, Pemasaran, Jasa Koperasi, Kredit MacetAbstrak
Perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar sehingga memunculkan inovasi baru dalam industri pasar. Saat ini pemasaran menggunakan platform media sosial telah diterapkan oleh perusahaan besar, perusahaan menengah, maupun perusahaan kecil. Adapun platform media sosial yang dapat digunakan seperti Instagram, WhatsApp, serta Facebook. Tak dipungkiri koperasi harus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi agar senantiasa dinamis. Penulisan laporan ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial dalam pemasaran jasa-jasa koperasi, menambah informasi waktu operasional kantor, serta menangani masalah kredit macet pada KSU Semeton Bali Satya. Metode yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman pegawai adalah dengan memberikan pendampingan kepada pegawai Koperasi Semeton Bali Satya. Metode penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan pemasaran jasa-jasa yang disediakan koperasi melalui media sosial yang telah dimiliki koperasi serta upaya menangani kredit macet pada KSU Semeton Bali Satya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pendampingan kepada pegawai KSU Semeton Bali Satya telah berhasil dengan pendampingan pembuatan konten menarik yang kemudian membagikan konten menarik terkait jasa-jasa yang disediakan koperasi serta pengumuman operasional kantor yang dapat dibagikan pada media sosial koperasi. Selain itu juga dengan pembuatan grup WhatsApp oleh pegawai KSU Semeton Bali Satya untuk anggota koperasi yang senantiasa mengingatkan anggota yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan kewajibannya dalam pembayaran kredit.
Referensi
Ardianti, P. N. H., & Semiti, I. A. P. M. (2022). Peningkatan Sistem Pencatatan Transaksi Kas, Prosedur Transaksi Serta Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dalam Proses Transaksi Non Tunai Di Koperasi Simpan Pinjam “Prabhakta” Pada Masa Pandemi Covid-19. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) (Vol. 1, No. 1, pp. 146-154).
Harianrakyatbali. (2023). “KSU Semeton Bali Satya” Berjalan Sebagai Lembaga Keuangan yang Fokus dengan Tujuan Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat dan Anggota. Retrieved on 27th April from https://harianrakyatbali.com/ksu-semeton-bali-satya-berjalan-sebagai-lembaga-keuangan-yang-fokus-dengan-tujuan-pemenuhan-kebutuhan-masyarakat-dan-anggota/
Kurniawati, I., Heriyanto, H., Amsury, F., & Fahdia, M. R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Desain sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Branding Produk dan Pendapatan Pada UMKM Koperasi Wanita ATSIRI. Dedikasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 115-121.
LPPM Unmas, (2024). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 19(3), 187-196.