OPTIMALISASI MANAJEMEN PERSEDIAN DAN PENGAWASAN BARANG MASUK DAN KELUAR STOCK TANAMAN PADA CV. DUTA ORCHID

Penulis

  • Putu Wenny Saitri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Ayu Made Ari Warini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Flowchart, Purchase Order, Pengarsipan Dokumen

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi manajemen persediaan dan pengawasan barang masuk dan keluar stock tanaman pada CV. Duta Orchid. Melalui pendekatan yang terstruktur dan bertahap, mulai dari perencanaan waktu pelaksanaan, penerapan sistem alur pemesanan dengan pembuatan flowchart, implementasi sistem dokumen purchase order, serta penerapan sistem pengarsipan dokumen yang baik. Dimana implementasi program kerja ini melibatkan partisipasi aktif dan konstruktif dari staff atau karyawan, melalui komunikasi dan koordinasi intens yang dilakukan dengan staf produksi untuk memastikan adaptasi seluruh bagian staff produksi di kebun maupun di toko. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan perubahan positif sesuai kebutuhan dan meningkatkan efisiensi manajemen persediaan dan pengawasan barang di CV. Duta Orchid.

Referensi

Aulia.R. (2021). Analisis Penetapan Harga Pokok Bibit Tanaman Anggrek (Studi Kasus Kebun Bibit dan Laboratorium Kultur Jaringan Lebak Bulus, Jakarta Selatan). Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Duta Orchid. (2014). Welcome To Duta Orchid. URL: https://dutaorchid.com/.

Pamungkas.D.A. (2021). Rancangan Bangunan Purwarupa Sistem Penyiraman Otomatis Dan Monitoring Untuk Budidaya Tanaman Mawar green House. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung.

PS, T. R. (2008). Sukses Memulai Bisnis Tanaman Hias. Niaga Swadaya.

Putra.R.P. (2021). Identifikasi Jenis Tanaman Anggrek Melalui Tekstur Bunga dengan Tapos Gabor dan M-SVM. Jurnal. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang.

Utami.A.U. Setyawan.B. Arista.Y.L.V. Ulfa.R. Chastelyna.A.J. (2023). Identifikasi Jenis Tanaman Sebagai Bahan Baku Produksi Oleh-Oleh Di CV Arjuna Flora Batu Malang. Artikel. Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas PGRI Banyuwangi.

Wikipedia. (2024). Orchidaceae. URL: https://id.wikipedia.org/wiki/Orchidaceae.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Saitri, P. W. ., & Warini, S. A. M. A. . (2024). OPTIMALISASI MANAJEMEN PERSEDIAN DAN PENGAWASAN BARANG MASUK DAN KELUAR STOCK TANAMAN PADA CV. DUTA ORCHID. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 561–567. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9397