STRATEGI PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA KSP TUNAS MERTHA SEDANA

Penulis

  • I Ketut Sunarwijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Novia Elza Putri Kumalasari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kinerja karyawan, Promosi, Pelatihan, Suku bunga

Abstrak

Keberadaan usaha dalam bentuk Koperasi Simpan Pinjam Tunas Mertha Sedana merupakan lembaga keuangan yang menyediakan berbagai jasa keuangan. KSP Tunas Mertha Sedana beralamat di Jl. Suli, Ds Dangin Puri Kangin, Kec Denpasar Utara. KSP Tunas Mertha Sedana merupakan koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam. Salah satu permasalahan yang terjadi dari hasil observasi di KSP Tunas Mertha Sedana adalah kurangnya pemahaman terkait perhitungan suku bunga pinjaman, tabungan, dan deposito. Serta belum terlaksananya pengelolaan yang baik di bidang manajemen pemasaran yang mengakibatkan rendahnya minat calon anggota. Hal ini disebabkan kurangnya edukasi mengenai digitalisasi pemasaran produk dan pelatihan cara menghitung suku bunga, guna mencegah kinerja karyawan memburuk. Dengan melakukan pengoptimalan kinerja karyawan melalui pelatihan, dan pengembangan. Dengan demikian dapat memberikan solusi pada perusahaan agar karyawan lebih memiliki komitmen dan juga rasa tanggung jawab akan tugas yang diberikan, serta dengan memberikan penyuluhan tentang pemasaran produk dan memberikan pelatihan menghitung suku bunga guna meningkatkan kinerja karyawan yang saat ini masih belum optimal.

Referensi

Dewi, K. A. I. Analisis Pembukuan Dan Pengenalan Produk Di Hita Bali Kebaya Melalui Program Pemasaran Instagram. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. ISSN 2963-2552.

Fathonah. (2019). PENINGKATAN KINERJA KOPERASI SIMPAN PINJAM Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Al Husna Kabupaten Magelang. Yogyakarta: STIE WIDYA WIWAHA.

Juliartawan, K. I., Sunarwijaya, K. I., & Adiyadnya, P. S. M. (2022). Jumlah Anggota, Jumlah Simpanan, Jumlah Pinjaman, Modal Kerja Dan Sisa Hasil Usaha. Jurnal Kharisma. E-ISSN 2716-2710. Vol. 4 No. 2.

Khuswati, E., & Triana Relita, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (Ksp) Bhakti Lestari Kecamatan Sungai Tebelian. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4(2).

Mahendrawati, M. L. N., Mandasari, S. C. A. I., & Sukandia, N. I.(2021). Pengabdian Kemitraan Masyarakat Pada Koperasi Simpan Pinjam. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNIN. 5(3). 265–272.

Masurip, & Ghoniyah, N. (2011). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Komitmen. Jurnal Dinamika Manajemen. 2(2).

Muis, R. M., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. Vol. 1 No. 1. E-ISSN 2599-3410. P-ISSN : 2614-3259.

Pagan, L. O. O. Y., Mitan, W., & Rangga, P. D. Y. (2023). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelayanan Anggota Pada KSP Kopdit Sube Huter. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi. Vol.1, No.1. , Hal 205-223.

Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat Press). ISBN : 978-623-7968-72-6.

Sunarwijaya, K. I., & Lestari, P. A. M. N. (2022). Pengoptimalan Kinerja Karyawan Serta Pelayanan Terhadap Konsumen Di Shoes And Care Bali Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. Volume 1 Nomor 2. ISSN 2963-2552.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Sunarwijaya, I. K. ., & Kumalasari, N. E. P. . (2024). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA KSP TUNAS MERTHA SEDANA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 553–560. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9396