PEMBERDAYAAN UMKM KACANG TELUR JERO PADMA DALAM KEMASAN DAN PROMOSI MEDIA ONNLINE DI DESA SINGAPADU TENGAH

Penulis

  • I Made Sudiartana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sintya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Anggitasari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pengemasan, Promosi, Sosial Media

Abstrak

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro (Sitompul, 2022). Di Desa Singapadu Tengah ada banyak UMKM dari survey kami sebelumnya. Dari survey kami memilih di UMKM Kacang Telur Bu Jero Padma yang dimiliki oleh ibu yang bernama Jero Padma dengan nama lengkap Ni Made Suarni.Promosi produk dilakukan dengan cara yang masih konvensional hanya melalui mulut ke mulut. Pengemasan produk dilakukan dengan menggunakan plastik putih polos. Adapun solusinya melakukan upaya pembaruan pengemasan produk dengan membelikan alat pres plastik, kemasan baru berbentuk pouch dan pembentukan logo serta pembuatan stiker. Serta Melakukan upaya promosi media onnline produk melalui sosial media seperti facebook dan pemesanan lewat no WA. Dengan adanya edukasi ini Bu Jero Padma lebih bisa memahami dan mengerti cara mempromosikan produk Kacang telur di Sosial Media. Sehingga Bu Jero Padma nantinya hanya perlu memposting foto-foto agar konsumen lebih mudah untuk melihat produk yang dibuat oleh Bu Jero Padma. Dan Bu Jero Padma sudah memiliki logo identitas untuk Produk Kacang Telur. Mitra diharapkan konsisten dalam mengaplikasikan strategi pemasaran yang telah diberikan, dengan terus aktif dalam pengunggahan foto-foto produk kacang telur pada profil usaha di facebook serta pemanfaatan media digital lainnya sebagai media pemasaran produk sehingga dapat menjangkau lebih luas pasar dan konsumen.

Referensi

Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi.

Novi Satria Jatmiko. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM.

Putra, I. G. C., Wiryawan, I. W. G., & Utami, N. P. N. Y. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Umkm Sarin Camplung Di Desa Pesaban, Kabupaten Karangasem. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020.

Sitompul, P. (2022). Digitalisasi Marketing UMKM. In Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi (Vol. 1).

Zahra, S. (2022). Definisi, Kriteria Dan Konsep Umkm.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Sudiartana, I. M. ., Dewi, N. M. S. ., & Anggitasari, K. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM KACANG TELUR JERO PADMA DALAM KEMASAN DAN PROMOSI MEDIA ONNLINE DI DESA SINGAPADU TENGAH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 541–547. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9394