ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PT. SORGA INDAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR USAHA HANDICRAFT DI KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • Ni Made Sunarsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Eni Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Handicraft, Strategi Bersaing, Sosial Media

Abstrak

PT. Sorga Indah merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha handicraft yang melalui berbagai proses sehingga menghasilkan suatu produk siap pakai, yang berlokasi di Jalan Bima No. 12 Br. Kalah, Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali dan sudah beroperasi sejak tahun 2002. Ditengah persaingan yang sangat ketak PT. Sorga Indah belum menerapkan strategi bersaing yang baik untuk mencari celah pasar agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya serta belum menerapkan pencatatan jumlah barang masuk ke digitalisasi. Untuk itu PT. Sorga Indah perlu melakukan strategi bersaing yang baik serta melakukan pencatatan jumlah barang masuk ke digitalisasi dengan menerapkan metode pelatihan dan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi. Keberhasilan penerapan strategi ini diikuti dengan berbagai kreatifitas staff dan karyawan agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya seperti pelatihan dan pendampingan dalam mempromosikan produk yang dihasilkan di sosial media serta pelatihan dan pendampingan dalam pencatatan jumlah barang masuk ke digitalisasi menggunakan Microsoft Excel.

Referensi

LPPM. (2024). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat 2024 Universitas Mahasaraswati. Denpasar:Unmas Denpasar.

Dewi, N. P. A. W. P., & Mahyuni, L. P (2022). Optimalisasi Internet Marketing Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Handicraft di Desa Sebatu. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 324-334.

Diana, L., Al Rasyid, H., Ramadhan, F., Satria, A. R., & Rahmadina, N. P. (2022). Meningkatkan Penjualan Umkm Sunkhuf Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa Dengan Implementasi Digital Marketing. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1-9.

Krisna, I., Gede, I., & Wirga, I. W. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Bali Candle Handicraft (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).

Porter, M. E. (1980). Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Terjemahan: Ir Agus Maulana MSM. Jakarta: Erlangga.

Novita, D., Ekawati, R. K., & Amelia, L. (2021) Sosialisasi Penggunaan Microsoft Excel Untuk Pembukuan Sederhana di Usaha Ritel Tradisional Toko Cholid. Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 1(1), 30-36.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Sunarsih, N. M. ., & Wahyuni, N. N. E. . (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PT. SORGA INDAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR USAHA HANDICRAFT DI KABUPATEN GIANYAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 529–534. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9392