PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BISNIS DAN PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM PENYUSUNAN PEMBUKUAN PADA UMKM “MULA RASA”
Kata Kunci:
UMKM, Laporan Keuangan Sederhana, Pembuatan Konten Promosi, logo UsahaAbstrak
Perkembangan UMKM kini semakin berjalan merata baik di kota-kota besar maupun kota kecil di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh adanya kemajuan teknologi, para pelaku usaha kini bisa memulai bisnisnya dan mengembangkannya melalui bantuan teknologi. Salah satu UMKM yang berkembang di Kabupaten Gianyar yaitu “Mula Rasa”. UMKM Mula Rasa merupakan salah satu usaha yang menyediakan makanan dan minuman di kabupaten Gianyar tepatnya di Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Pada UMKM Mula Rasa terdapat beberapa masalah yang terjadi khususnya pada penjualan yang masih belum mencapai target yang telah ditentukan dan pemilik menyatakan jangkauan pemasarannya belum cukup luas. Solusi yang dapat diberikan adalah melakukan pelatihan pembuatan sistem laporan keuangan sederhana dengan Microsoft Excel, mensosialisasi kepada mitra dalam pembuatan konten promosi untuk media sosial guna pengembangan usaha, serta membantu mitra dalam medesain logo dan stiker untuk kemasan take away. Metode yang digunakan yaitu, tahap observasi, tahap wawancara, tahap penerapan program kerja (sosialisasi, komunikasi, dan pendampingan secara langsung). Ketercapaian dari kegiatan ini adalah mitra dapat melakukan sistem pencatatan keuangan dengan menggunakan microsoft exel dan tidak menggunakan sistem manual, membuat konten promosi untuk sosial media sehingga mempermudah dan menarik konsumen atau pembeli, serta mampu dalam mendesain logo usaha sekaligus stiker kemasan take away untuk produk yang akan dipasarkan.
Referensi
Chairia, C., Ginting, J. V. B., Ramles, P., & Sabrina, Y. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Umkm Pancur Batu Di Desa Baru Kecamatan Pancur Batu. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 323-330.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.