UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN OPERASIONAL PADA TOKO LINION

Penulis

  • I Nengah Aristana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Dwi Padmi Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Manajemen Operasional, Inventaris, Karyawan, Layanan Pelanggan, Tata Letak Toko

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen operasional Toko Linion dalam penjualan linen dan fashion dengan mengatasi tantangan seperti kekurangan stok produk, kurangnya pengelolaan karyawan, kualitas pelayanan yang kurang, dan pengaturan display produk yang tidak optimal. Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan sistem pengelolaan inventaris, briefing dan pelatihan untuk karyawan, serta perancangan ulang tata letak toko. Faktor keberhasilan termasuk dukungan penuh dari pemilik usaha dan karyawan, kerjasama tim, dan pemanfaatan teknologi, sementara hambatan terdiri dari perbedaan latar belakang karyawan, kurangnya rasa percaya diri, dan keterbatasan sumber daya. Diharapkan implementasi program ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan Toko Linion secara menyeluruh.

Referensi

Aristana, I. N., Teja, I. G., & Pramartha, A. A. (2023). Perbaikan Tata Letak Gudang Penyimpanan Spare Part Pada UD. Surya Pramartha Motor. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (pp. 593-597). Denpasar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Benny, Hasan, G., Melodya, D., Erlin, Erni, Goh, M., & Meliana. (2023). Analisa Manajemen Operasional, CRM, dan Pemasaran Digital pada PT. Orang Tua (OT). Jurnal Sains dan Teknologi, 139-143.

DS, M. K. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan ICOS Cafe). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4-7.

Hasan, G., Benny, Sabrina, D., Fauzi, E. G., Sirait, S., Then, L., & Flesya, V. (2023). Analisis Manajemen Operasional, Customer Relationship Management, dan Digital Marketing Pada PT.Indofood Sukses Makmur, Tbk. Jurnal Minfo Polgan, Volume 12, Nomor 2, 725-728.

Setianingsih, A. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran dan Layanan Pelanggan dengan Loyalitas Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 53-55.

Supariyani, E., & Marpaung, B. S. (2013). Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 1 No. 1, 2-3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Aristana, I. N. ., & Putri, D. A. D. P. . (2024). UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN OPERASIONAL PADA TOKO LINION. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 408–415. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9370