PEMBERDAYAAN UMKM PRODUKSI UKIRAN DEWA NYOMAN RISNA DI BR. SAKIH DESA GUWANG
Kata Kunci:
Pemberdayaan UMKM, Produksi Ukiran, Ekonomi LokalAbstrak
Mendukung ekonomi lokal Indonesia membutuhkan strategi yang memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ukiran Dewa Nyoman Risna di Br. Sakih, Desa Guwang, adalah ilustrasi dari pemberdayaan semacam ini. Upaya Risna dan komunitasnya dalam memberdayakan UMKM produksi ukiran diuraikan dalam artikel ini. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi bantuan pemerintah, keterampilan pengrajin, akses pasar, partisipasi masyarakat, dan penetrasi pasar sebagai faktor penentu keberhasilan pemberdayaan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM produksi ukiran memiliki potensi untuk menjadi kekuatan ekonomi yang kuat di lingkungan lokal mereka jika strategi yang tepat diterapkan. Jika Anda tertarik dengan industri kreatif dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, Anda akan menemukan artikel ini sebagai sumber informasi yang bermanfaat.
Referensi
Anggreswari, N. P. Y., & Jayaningsih, A. A. R. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Objek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 30–40. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.13952
Atmaja, N. P. C. D., Sukerta, I. M., & Januarta, I. W. (2021, December). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital UKM Ukiran Bali di Desa Batubulan Kangin. In PROSIDING SEMINAR REGIONAL Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (pp. 618-625).
Maulana, H., Salistia, F., & Farah, C. H. (2019). Pengaruh Promosi Online melalui Media Sosial Instagram dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Produk Healthy Drink Bogor. 2(2), 161–183.
Putra, I. K., Wulandari, I. A., & Putra, G. S. A. (2023). Pemberdayaan Kelompok Swadaya pengerajin Ukiran Bali “Anjatta” Dalam Mendukung Produksi Ukiran Di Desa Batubulan Kangin Kecamatan Sukawati. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(3), 390-397.
Rifa’i, M., & Hamidi. (2017). Efektivitas Promosi Online Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen. OPTIMA (Jurnal IIlmiah Bidang Agribisnis Dan Ekonomi, 1(2), 67–73.