UPAYA MENINGKATKAN SISTEM OPERATION BACK OFFICE PADA HOTEL KAPPA SENSES

Penulis

  • Nengah Landra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Ayu Putu Andina Pryanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Upaya, Back Office, Sistem Operation

Abstrak

Hotel Kappa Senses merupakan salah satu hotel yang ada di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar yang menawarkan banyak fasilitas kepada wisatawan. Permasalahan utama yang terungkap adalah penurunan pendapatan, yang disebabkan oleh kesalahan dalam merekrut karyawan dan kurangnya pemahaman pemilik terkait pelatihan dan pengembangan karyawan. Analisis situasi menunjukkan bahwa kelemahan terutama terlihat dalam operasional back office yang dapat menjadi penghambat perkembangan dan pendapatan usaha Hotel Kappa Senses. Solusi yang dapat diberikan, yaitu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terkait peningkatan sistem operasional back office sehingga mampu meningkatkan pendapatan dari Hotel Kappa Senses. Pengabdian dilakukan dari tanggal 18 Maret s/d 2 Mei 2028, dengan rangkaian persiapan materi, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dan yang terakhir adalah evaluasi. Program kerja yang dirancang berjalan dengan baik dan terealisasi 100%.

Referensi

Armstrong, Michael. (2022). Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage. 17th Edition. Kogan Page Limited.

Barney, Jay B., & Hesterly, William S. (2020). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. 6th Edition. Pearson Education Limited.

Dessler, Gary. (2022). Manajemen: Edisi Global. Salemba Empat: Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2023). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.

Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. (2021). Organization Behavior. 18th Edition. Pearson Education Limited.

Stoner, James A.F., Freeman, R. Edward, & Gilbert, Daniel R. (2020). Manajemen. Edisi 8. Salemba Empat: Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Landra, N. ., & Pryanti, S. A. P. A. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN SISTEM OPERATION BACK OFFICE PADA HOTEL KAPPA SENSES. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 301–305. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9352