IMPLEMENTASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGOPTIMALISASIAN ADMINISTRASI KEARSIPAN DAN PENCATATAN PADA KANTOR JASA PENILAI PUBLIK SUGENG, IRWAN, GUNAWAN DAN REKAN

Penulis

  • Ni Luh Nyoman Sherina Devi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Made Elida Rani Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Komang Apitrijati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Sistem Informasi Akuntansi, Adminstrasi Kearsipan, Pencatatan

Abstrak

Kantor Jasa Penilai Publik Sugeng, Irwan, Gunawan dan Rekan merupakan jasa penilaian terhadap properti. Jenis properti yang dimaksud meliputi tanah dan bangunan beserta kelengkapannya, mesin-mesin dan peralatannya, alat transportasi hingga alat berat (seperti perangkat telekomunikasi, pertanian, dan pertambangan). KJPP SIG berdiri sejak tahun 1982 beralamat di Jl. Gatot Subroto VI No. 9 Denpasar, Bali. KJPP SIG telah berpengalaman membantu dalam proyek penyusunan studi kelayakan, pengawasan proyek dan penilaian untuk kepentingan pemerintah, perbankan, pasar modal, perusahaan negara dan perusahaan swasta. Saat melakukan observasi ditemukan permasalahan yaitu sistem pengarsipan yang belum optimal. Hal ini tentu akan mempunyai resiko yang besar. Terutama masalah keamanan dan kerahasiaan dokumen perusahaan yang akan mudah bocor dan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang tentu saja dalam hal ini perusahaan yang banyak dirugikan. Adanya kegiatan pengabdian maskyarakat dapat memberikan solusi dari permasalahan tersebut antara lain : Melakukan pelatihan sistem kearsipan sederhana dengan Hardisk dan Google Drive, melakukan pelatihan sistem pencatatan, form absensi, dan inventory secara sederhana dengan Google Sheet, dan mensosialisasikan kepada karyawan tentang pemahaman pentingnya kearsipan dan pencatatan melalui media hardware dan software dengan kemajuan teknologi. Solusi ini diberikan agar pihak perusahaan bisa lebih meningkatkan sistem administrasi kearsipan dan pencatatan yang mendukung kepraktisan dalam mengakses data perusahaan, dimana kualitas kinerjanya dan dengan pembukuan sederhana ini dapat membuat tetap fokus untuk bekerja sehingga membuat perusahaan mencapai tujuan utamanya.

Referensi

Devi, N. L. N. S., Andriani, I. G. A. M. A. M., & Agustini, K. Y. (2023). Pengoptimalan Pemasaran Produk Melalui Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Pada PT. Bali Cakra Kusuma. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian MasyarakaT (SENEMA), 2(1), 243–246.

Iswanti, P., & Aisyah, S. (2023). Efektivitas Pengarsipan Dan Penyimpanan Dokumen Persuratan Secara Digital Pada Kantor Bpk Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1641–1649.

Kantor Jasa Penilai Publik Sugeng, Irwan, Gunawan dan Rekan. (2024). Profil dan sejarah berdirinya Kantor Jasa Penilai Publik Sugeng, Irwan, Gunawan dan Rekan. https://kjppsig.co.id.

Kepramareni, P., & Waisnawa, A. R. C. (2022, May). Pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Di UMKM Getacake Bali Selama Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 1 (1), 1-6.

Riefnaldi, A. R., Aranta, A., & Muaidi, M. (2021). Pembuatan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Pada Kantor Desa Sandik Berbasis Website. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(2).

Situmeang, S. M. T. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sebagai Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1090–1098.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Devi, N. L. N. S. ., Rani, N. L. M. E. ., & Apitrijati, N. K. (2024). IMPLEMENTASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGOPTIMALISASIAN ADMINISTRASI KEARSIPAN DAN PENCATATAN PADA KANTOR JASA PENILAI PUBLIK SUGENG, IRWAN, GUNAWAN DAN REKAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 295–300. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9351