MENGOPTIMALKAN PENERAPAN PENGGUNAAN FORM SPOIL SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN BEBAN BIAYA PADA PERUSAHAAN ASA COFFE & RESTO

Penulis

  • A.A. Sagung Istri Pramanaswari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kevin Renaldi Purwanto Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Form Spoil, Biaya Operasional, Kinerja Karyawan.

Abstrak

Laporan pengabdian masyarakat ini mengkaji strategi pengoptimalan penggunaan form spoil sebagai upaya menekan peningkatan biaya operasional pada perusahaan Asa Coffe & Resto. Melalui analisis situasi, ditemukan bahwa tingginya biaya operasional disebabkan oleh barang spoil yang tidak tercatat dengan baik, mengakibatkan kerugian keuangan yang signifikan bagi perusahaan. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, dilakukan serangkaian kegiatan pengedukasian kepada karyawan perusahaan, termasuk pengenalan cara penggunaan dan pencatatan form spoil serta pentingnya penekanan pada peningkatan biaya operasional. Metode pelaksanaan melibatkan observasi, pelatihan, dan evaluasi secara langsung di lokasi perusahaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman karyawan tentang manajemen barang spoil dan dapat memberikan manfaat signifikan bagi efisiensi biaya dan kinerja keuangan perusahaan. Kesimpulan dari laporan ini adalah bahwa strategi pengoptimalan penggunaan form spoil efektif dalam mengatasi masalah biaya operasional dan disarankan agar program-program yang telah diberikan terus diterapkan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Referensi

Anwar, M. (2019). Penggunaan Form Spoil dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 45(2), 123-135.Delloitte Access Economics. (2022). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.

Budiarto, T. (2020). Implementasi Form Spoil dalam Pendidikan Tinggi: Studi Kasus di Universitas XYZ. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 56-68.Taiminen, Karjaluto. (2019). Bangkitnya Bisnis Digital. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Cahyono, A. (2018). Manfaat Penggunaan Form Spoil dalam Proses Pembelajaran: Perspektif Guru Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Guru, 20(3), 89-102.

Ardianto, Elvinaro, dan Dewi Kania Sugiharti. "Corporate Social Responsibility (CSR) Implementation in Indonesia." Journal of Business and Management 1, no. 2 (2017): 45-52.

O'Brien, J. (2019). Understanding the Role of Spoil Forms in Environmental Management. Journal of Environmental Science, 45(2), 112-125.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Pramanaswari, A. S. I. ., & Purwanto, K. R. . (2024). MENGOPTIMALKAN PENERAPAN PENGGUNAAN FORM SPOIL SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN BEBAN BIAYA PADA PERUSAHAAN ASA COFFE & RESTO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 290–294. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9350