OPTIMALISASI OPERASIONAL KERJA DAN PENGELOLAAN STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN SHIZUKA MENTAI

Penulis

  • Ida Ayu Ratih Manuari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Janitri Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Optimalisasi Kerja, Optimalisasi Digital

Abstrak

Shizuka Mentai merupakan salah satu usaha yang berada di Jalan Tukad Badung XVIIIA No. 9E, Desa Renon, Kecamatan Denpasar Selatan. Banyaknya persaingan makanan sejenis di sekitar Shizuka Mentai, namun Shizuka Mentai menjadi pusat perhatian bagi semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa karna rasanya yang sangat nikmat sehingga sering diberi julukan oleh konsumen The Best Mentai In Bali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan pengelola Shisuka Mentai bahwa usaha ini memiliki beberapa kendala yaitu mengenai Peningkatan Operasional Kerja dan Pengelolaan Stock Opname yang menyebabkan kinerja karyawan tidak berkembang dengan baik dan rendahnya pengetahuan digital dikarenakan kurang mengoptimalkan media digital yang sudah dimiliki. Adapun beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang ada, antara lain dengan melakukan: 1. Melakukan pengecekan bahan baku secara rutin dan menandai setiap tanggal yang sekiranya akan terjadi kenaikan bahan baku seperti idul fitri, natal, nyepi, dan tahun baru dengan Upaya mencari toko bahan baku secara offline sehingga mencegah terjadinya stock kosong pada makanan yang akan dijual. 2. Memberikan pelatihan terhadap karyawan Shizuka Mentai demi meningkatkan kualitas SDM dengan melakukan perhitungan dan mempermudah stock opname hasil penjualan melalui Ms.Exel.

Referensi

Adhari, I. Z. 2019. Optimalisasi Kinerja Karyawan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management & Motivasi Kerja. CV. Penerbit Qiara Media. Jawa Timur: Pasuruan.

Faisal, Muhammad. 2020. Analisis Strategi Pendidikan Dan Pelatihan Untuk Optimalisasi Kinerja Karyawan Pada Pt. Tiga Berlian Electric Banjarmasin. Tesis. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Indrastuti, S., Nur, M., Armis, A., & Agustin, H. 2022. Sosialisasi Peran Tim Kerja Karyawan Dalam Mendukung Kinerja Usaha Pada UMKM Rumah Jamur. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(4). 2-5.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Manuari, I. A. R. ., & Pratiwi, N. K. J. . (2024). OPTIMALISASI OPERASIONAL KERJA DAN PENGELOLAAN STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN SHIZUKA MENTAI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 203–209. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9336