PEMBUATAN LAPORAN MUTASI BARANG KONSINYASI DAN KAS KECIL DIGITAL SERTA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PLATFORM DALAM PEMASARAN PADA APOTEK K24 SIDAKARYA

Penulis

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Eka Sri Setya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

mutasi, konsinyasi, kas kecil, media sosial, pemasaran

Abstrak

Melaksanakan pencatatan mutasi barang konsinyasi dan kas kecil yang baik dan akurat terkait setiap transaksi yang terjadi di perusahaan sangatlah penting. Dengan menyusun pencatatan transaksi mutasi barang konsinyasi  dengan akurat dapat membantu dalam mengontrol persediaan barang dan arus kas. Selain itu untuk meningkatkan penjualan produk memerlukan metode promosi yang menarik dan efektif. Apotek K-24 Sidakarya saat ini menggunakan metode manual dalam pencatatan mutasi persediaan barang perjanjian konsinyasi dan kas kecil serta strategi promosi secara online yang dijalankan belum optimal. Metode yang digunakan untuk membantu penyusunan laporan pencatatan yang sistematis dan akurat yang bertujuan untuk mempermudah pengontrolan stok dan arus kas adalah dengan memberikan pengetahuan terkait tujuan, manfaat, serta dampak yang diperoleh dengan melaksanakan perhitungan persediaan barang dan kas kecil yang baik dan benar serta melaksanakan pelatihan terkait cara pembuatan laporan mutasi persediaan barang konsinyasi dan kas kecil secara digital. Metode yang digunakan agar dapat meningkatkan efisiensi pemanfaatan strategi pemasaran online yaitu melaksanakan pendampingan dalam menyusun konsep dan membuat konten menarik yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Progam kegiatan pembuatan laporan mutasi barang konsinyasi dan kas kecil digital serta pemanfaatan media sosial sebagai platform dalam pemasaran pada Apotek K24 Sidakarya berhasil terlaksana dengan baik melalui kegiatan pemberian edukasi, pelatihan dan penerapan yang dijalankan berdasarkan metode yang ditetapkan. Keberhasilan kegiatan ini didukung oleh faktor pemimpin dan karyawan Apotek K24 Sidakarya yang sangat mendukung kegiatan ini, serta tersedianya fasilitas yang memadai guna mendukung pelaksanaan kegiatan.

Referensi

Ayuratri, D. (2020). Analisis Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kas Kecil Pada PT Restu Anak Jaya Abadi Beton Indonesia (Doctoral dissertation, STIESIA SURABAYA).

Dewi, D. P. S., & Rahmat, M. (2022). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omzet Industri Keripik Di Bandar Labuhan Tanjung Morawa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3037-3042.

Iriani, A. S., & Ardi, M. (2020). Penerapan Manajemen Persediaan Dalam Mengantispasi Kerugian Barang Dagangan Di Toko Mega Jilbab. BANCO: Jurnal Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(2), 57-68.

Mardika, D. P. (2012). Kontrak Kerjasama Konsinyasi Distributor Outlet/Distrofashion Dengan Supplier (Studi Kasus Pada CV. Shoppaholic Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Rahmawati, R., Mone, A., & Mustari, N. (2021). Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Program Inovasi Desa Budi Daya Jamur Tiram Di Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(2), 590-604.

Rismaningsih, F., Agustine, D., & Windyasari, V. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Desa Rancagong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(2), 57-64.

Sari, D. N. I., & Wulandari, I. (2023). Pengarahan dan Pencatatan Laporan Keuangan UMKM Untung Secara Terkomputerisasi. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 142-155.

Yulianti, V., Widiastuti, W., Nurastuti, P., & Wulandari, D. S. (2023). Pelatihan Pengelolaan Kas Kecil Guna Meningkatkan Akuntabilitas Pencatatan Keuangan Pada PT. Permata Wahana Chemindo. Lentera Pengabdian, 1(02), 189-196.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Yuliastuti, I. A. N., & Dewi, N. P. E. S. S. . (2024). PEMBUATAN LAPORAN MUTASI BARANG KONSINYASI DAN KAS KECIL DIGITAL SERTA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PLATFORM DALAM PEMASARAN PADA APOTEK K24 SIDAKARYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 166–177. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9329