OPTIMALISASI PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN DAN PENATAAN LINGKUNGAN KERJA FISIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putri Emilia Yanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Optimalisasi pengelolaan arsip dokumen, Penataan lingkungan kerja fisik

Abstrak

Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar memegang peran kritikal dalam mendukung fungsi legislatif melalui penyelenggaraan administrasi dan keuangan yang efisien. Institusi ini bertanggung jawab atas penyediaan dan koordinasi tenaga ahli, serta fasilitasi rapat DPRD, dengan tunduk pada regulasi Peraturan Bupati Gianyar Nomor 67 Tahun 2016. Kinerja Sekretariat DPRD sangat bergantung pada kompetensi SDM yang ada, yang harus mampu menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan. Observasi awal menunjukkan beberapa kekurangan dalam manajemen kearsipan, termasuk penataan yang tidak optimal dan kesulitan dalam mengakses dokumen penting seperti Surat Pertanggungjawaban (SPJ), yang mengakibatkan keterlambatan dalam penyerahan dokumen kepada BPK. Untuk mengatasi permasalahan ini, telah dilaksanakan program kerja yang mencakup pelatihan penggunaan alat scanner pdf untuk pengelolaan dokumen digital dan penataan ulang layout serta pembersihan rutin lingkungan kerja untuk meningkatkan efektivitas operasional Sekretariat. Kajian ini mendemonstrasikan pentingnya sistem kearsipan yang efisien dan lingkungan kerja yang kondusif dalam meningkatkan kinerja instansi pemerintah.

Referensi

Atmaja, N.P.C.D, & Puspitawati, NMD. (2018). Effect of physical work environment through productivity employees job satisfaction as an intervening variable. International Journal of Business, Economics and Law. 17 (5), 98-104

Kabupaten Gianyar. Peraturan Bupati Gianyar Nomor 67 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gianyar.

Latif, N., Ismail, A., Nurmega, N., & Irwan, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Maros. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 585–591.

Rochim, A. I., Widodo, J., & Sadono, T. P. (2021). Penyuluhan Dan Pendampingan Peningkatan Kualitas Administrasi Bidang Manajemen Kearsipan Desa Di Desa Tasik Madu Dan Desa Sumurgung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Abdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(02), 1-7.

Yuliani, I. (2021). Evaluasi Penerapan Peraturan Kepala Arsip Nasional Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip Di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2019. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(1), 132-139.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Atmaja, N. P. C. D., & Yanti, P. E. (2024). OPTIMALISASI PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN DAN PENATAAN LINGKUNGAN KERJA FISIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN GIANYAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 160–165. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9327