PENINGKATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP SISWA - SISWI SEKOLAH DI LINGKUNGAN DESA BATUBULAN KANGIN

Penulis

  • Ni Putu Ayu Sintya Saraswasti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Gunayasa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Putu Agung Surya Palguna Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Sekolah dasar, Perilaku hidup bersih dan sehat

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat di Desa Batubulan Kangin bertujuan tidak hanya untuk mendekatkan diri pada masyarakat, tetapi juga membantu dari segi pengetahuan yang diperlukan dalam membangun desa. Dalam kegiatan ini, analisis situasi yang dilakukan berfokus pada sekolah dasar. Sekolah dasar merupakan tempat belajar bagi anak-anak pada tingkatan paling awal, di mana proses belajar dimulai dari anak-anak berusia 6-7 tahun. Sekolah dasar yang menjadi lokasi kegiatan pengajaran adalah SDN 1, 2, dan 3 Batubulan Kangin, yang berlokasi di Dusun Buda Ireng, Batubulan Kangin, Sukawati, Gianyar. Kegiatan pengajaran ini menargetkan siswa kelas 2. Sebelum melaksanakan kegiatan, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan observasi langsung dengan mengunjungi SDN 1, 2, dan 3 Batubulan Kangin. Observasi ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam menyusun program kerja. Dari hasil observasi, ditemukan bahwa di sekolah dasar Desa Batubulan Kangin masih terdapat beberapa siswa-siswi yang kurang memahami tentang penerapan hidup bersih dan sehat serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Beberapa permasalahan yang teridentifikasi, antara lain yaitu kurangnya perhatian terhadap sampah di lingkungan sekolah, kurangnya pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan sebelum atau sesudah aktivitas, serta kurangnya perhatian terhadap kesehatan mulut dan gigi. Peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat merupakan upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok, atau masyarakat luas dengan jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Referensi

Febriana Muchtar, S., & Asnia Zainuddin, R. E. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SD Negeri 9 Moramo, Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 871-880.

Natsir, M. F. (2019). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK), 54-59.

Proverawati, Atikah. 2012. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Ratna Julianti, H. M., & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 11-17.

Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy, M. A., Linawati Novikasari, L. A., & Furqoni, P. D. (2020). Pendidikan Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 27-33.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Saraswasti, N. P. A. S., Gunayasa, I. N., & Palguna, D. P. A. S. (2024). PENINGKATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP SISWA - SISWI SEKOLAH DI LINGKUNGAN DESA BATUBULAN KANGIN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 154–159. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9326