STRATEGI PENGUATAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO KUE BASAH BU GUSTI AYU DI DESA PETAK GIANYAR

Penulis

  • Sapta Rini Widyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Gede Padma Pramanata Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pembukuan, Media Sosial, Desain Logo

Abstrak

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor industri yang dapat diandalkan sebagai indikator dalam stabilitas perekenomian baik di tingkat lokal ataupun daerah. Pada kegiatan observasi, pemilik usaha mengatakan bahwa omzet yang didapat tergantung dari pangsa pasar dan minim mengalami kenaikan bahkan dikatakan segitu-segitu saja. Adapun permasalahan yang dihadapi pemilik usaha UMKM yaitu: Pelaku UMKM masih belum menyadari pentingnya tata kelola keuangan dan pembukuan yang rapi. Selain pembukuan, UMKM khususnya perdagangan makanan atau minuman saat ini kurang dengan adanya promosi dalam hal ini di media sosial. Serta kurang perhatiannya pada desain logo sebagai tanda pengenal dari usaha tersebut. Dari permasalah tersebut kami berinisiatif untuk memberikan beberapa solusi yaitu : 1) Melakukan bimbingan kepada mitra tentang pembukuan keuangan yang sederhana. 2) Melakukan pemasaran melalui akun media sosial instagram. 3) Membuatkan desain logo dan spanduk usaha. Diharapkan dengan dilakukan program pengabdian masyarakat ini dapat membantu UMKM khususnya UMKM Kue Basah Bu Gusti Ayu mendapatkan omzet lebih dari sebelumnya dan mengembangkan pangsa pasarnya.

Referensi

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Journal of Marketing Management, 12 (2), 101–112. Diakses pada 25 Maret 2022

Subur, R.S., & Hasyim, M. (2014). Pelatihan Manjemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontongan Dusun Puluhan Desa Banyusidi Pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 134-140. Diakses pada 25 Maret 2022

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, M. D., & Hidayati, L. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(2), 144-159.

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137-142.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Widyawati, S. R., & Pramanata, I. N. G. P. (2024). STRATEGI PENGUATAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO KUE BASAH BU GUSTI AYU DI DESA PETAK GIANYAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 149–153. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9325