UPAYA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN GROOMING DAN KEDISIPLINAN BAGI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN KUTA CENTRAL PARK HOTEL

Penulis

  • Putu Agus Eka Rismawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Pawana Yasa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Grooming, Disiplin kerja

Abstrak

Pengabdian Masyarakat adalah salah satu kegiatan perkuliahan yang menuntu mahasiswa untuk menngaplikasikan teori – teori yang dimilikinya dalam wujud nyata di dalam Masyarakat. Pengabidian Masyarakat juga merupakan bentuk konkti di dalam mencakup bidang Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu berupa penampilan diri (grooming) hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari. Setiap orang tentu saja ingin selalu tampil serasi dan menarik agar disukai orang lain. Penampilan menarik sangat mencerminkan kepribadian seseorang. Orang yang berpenampilan menarik akan dinilai sebagai seorang yang berkepribadian baik. Sebaliknya, orang yang kurang memperhatikan penampilan dinilai sebagai orang yang berkepribadian kurang menarik (Wursanto, 2006, Sambiring & Widyastutu, Hidayat, 2020). Ketercapaian dari hasil program kerja yang telah dilaksanakan di Kuta Central Park yaitu meningkatkan kualitas kinerja karyawan membawa dampak positif bagi karyawan dan Perusahaan. Keberhasilan kinerja karyawan dapat dilihat dari kegiatan dan cara kerja karyawan di setiap harinya dengan melihat perubahan – perubahannya. Kinerja karyawan adalah kemampuan, keterampilan, dan hasil kerja yang di tunjukan oleh seorang karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di tempat kerja karya. Kinerja karyawan dapat diukur melalui pencapaian target yang telah diterapkan, produktivitas kerja, kualitas hasil kerja, serta kualitas kerja tim. Memberikan arahan terhadap karyawan merupakan cara yang efektif agar karyawan menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan di kuta Central Park Hotel, kemampuan karyawan dalam Upaya meningkatkan grooming dan kedisiplinan kerja kepada karyawan dan memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan.

Referensi

Aruan, D. A. (2013, maret 2). PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA. Diambil kembali dari core.ac.uk: https://core.ac.uk/download/pdf/230760166.pdf

LPPM UNMAS Denpasar, (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Universitas Mahasaraswati Denpasar

GreatNusa. (2023, april 30). Kinerja Karyawan: Pengertian, Indikator, dan Faktor yang Mempengaruhinya. Diambil kembali dari greatnusa: https://greatnusa.com/artikel/kinerja-karyawan/#:~:text=Kinerja%20karyawan%20adalah%20kemampuan%2C%20keterampilan,serta%20kualitas%20kerja%20dalam%20tim

Kirana Vallennia, A. A. (2021, juni 30). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan:(Studi Kasus PT. SINAR SOSEO Ranceakek). Diambil kembali dari urnal.upb: https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/104

Permadi, I. K. O., Widnyana, I. W., Sanjiwani, P. A. P., & Sari, I. G. A. S. P. (2023). Memaksimalkan Operasional, Disiplin Dan Efisiensi Waktu Dalam Bekerja Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Koka Kitchen And Bar Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 1(2), 1183–1188.

Wijayanti Dewi Prabandari, V. A. (2021, juni 10). Pelatihan Grooming dan Tata Cara Pembersihan Area Umum Untuk Clening servis di STP Trisakti . Diambil kembali dari garuda.kemdikbud.: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2581266&val=24246&title=Pelatihan%20Grooming%20dan%20Tata%20Cara%20Pembersihan%20Area%20Umum%20Untuk%20Cleaning%20Service%20di%20STP%20Trisakti

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Rismawan, P. A. E., & Yasa, K. P. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN GROOMING DAN KEDISIPLINAN BAGI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN KUTA CENTRAL PARK HOTEL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 130–135. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9321