OPTIMALISASI PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DI UD SURYA UTAMA METRA
Kata Kunci:
Optimalisasi, Digital Marketing, Kinerja PemasaranAbstrak
Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) UD Surya Utama Metra yang bergerak dalam bidang sembako atau toko klontong UD Surya Utama Metra berlokasi di Jl. Pasar Metra, Metra Tengah, Yangapi, Tembuku, Bangli, dan sudah berdiri sejak 1990. Akan tetapi walau sudah cukup lama berdiri, kegiatan pemasaran digital yang dilakukan oleh UD Surya Utama masih sangatlah minim hingga saat ini. Untuk itu UMKM ini perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya penggunaan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Melihat situasi tersebut, pengabdian masyarakat dari Universitas Mahasaraswati Denpasar datang dengan tujuan membantu meningkatkan pemasaran melalui pelatihan pembuatan konten promosi digital marketing melalui media digital.
Referensi
Ascharisa Mettasatya Afrilia. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi1 (1). Hal 147–157.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.