AKSELERASI TRANSFORMASI DIGITAL DENGAN PENERAPAN MINI ATM ON ELECTRONIC DATA CAPTURE (EDC) PADA PT. BPR PARTAKENCANA TOHPATI DENPASAR
Kata Kunci:
Transformasi Digital, Mini ATM EDC, BPRAbstrak
BPR Partakencana Tohpati merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan perbankan, memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan dan deposito serta melayani masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman atau kredit seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit konsumtif, kredit modal kerja, dan kredit investasi. Dalam menjalankan usaha nya PT. BPR Partakencana Tohpati didirikan sejak tahun 1993 sampai dengan saat ini. Kantor dari PT. BPR Partakencana Tohpati beralamat di Jl. Gatot Subroto Timur no. 49 ( komplek ruko maha graha blok 8 – 10 ) Denpasar. Dari hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan pada PT. BPR Partakencana Tohpati ditemukan adanya permasalahan yaitu perlu dilakukannya percepatan digital tentang penggunaan perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi yang mana mengharuskan PT. BPR Partakencana Tohpati untuk beradaptasi dan bertransformasi digital. Maka dari itu perlunya implementasi aplikasi yang mampu mengikuti perkembangan teknologi digital. Dalam rangka meningkatkan akselerasi tranformasi digital pada PT. BPR Partakencana Tohpati penerapan mini ATM on EDC menjadi solusi yang menjanjikan . Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada PT. BPR Partakencana Tohpati Denpasar yang dilaksanakan melalui pelatihan tentang sistem aplikasi mini ATM on EDC dan mengedukasi nasabah maupun pegawai tentang manfaat dan keuntungan yang diberikan dari adanya mini ATM on EDC. Hasil dari ketercapaian kegiatan pengabdian masyarakat ini yakni mahasiswa pengabdian masyarakat berhasil dalam melakukan penerapan mini ATM On EDC untuk membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada PT. BPR Partakencana Tohpati Denpasar, yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan pengalaman nasabah, menjawab tantangan kompetitif, dan memenuhi harapan nasabah modern dengan lebih baik.
Referensi
Linggadjaya, R. L., Sitio, B., Situmorang, P. (2022). Transformasi Digital PT Bank Jago TBK Dari Bank Konvesional Menjadi Bank Digital. International Journal of Digital Entrepreneurship and Business (IDEB), Vol. 3, No 1.
Nasution, E.R., Pratiwi, I., Siregar, S. H., Delardi, E., Azmi,C. A., Bima, M. A. & Sinaga, E. E. (2023). Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) Sebagai Perkembangan Hukum Perbankan Di Desa Bunut Seberang Kabupaten Asahan. Journal of Human And Education, Vol 3, No 3.
Ronggo, S., Abubakar, L., Handayani, T. (2022). Kesiapan Perbankan Menuju Transformasi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Finacial Technology (Fintech). Jurnal Poros Hukum Padjadjaran , Vol 3, No 2.
Ratnasari, E. (2023). Peranan Agen EDC BRI Link Pada PT Bank BRI (Persero) TBK. Kantor Wilayah Siantang. Jurnal Falkutas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Kapuas Siantang , Vol 21, No 1.
S. Rasyad, F.H., Kurnia,R., Febriani, Y., & Putra, Y. R. (2022). Akselerasi Tranformasi Digital PT. BPR Andalas Baruh Bukit: Peluang Tantangan Dan Strategi. Jurnal kajian Ekonomi Islam, Vol 7, No 2.