UPAYA STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN PERSEDIAAN BARANG MELALUI INVENTORY STOCK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO BAHAN KUE AROMAKU
Kata Kunci:
Teknologi, Media Sosial, PenjualanAbstrak
Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat yang mengaharuskan kita sebagai pengguna teknologi mau tidak mau harus mengikuti agar bisa berkomunikasi jarak jauh tanpa batas. Tidak hanya berkomuikasi saja, kemajuan teknologi juga sangat membantu di era new normal setelah yaitu dalam menjalakan usaha dalam bidang pemasaran yang nantinya akan membuat peningkatan produk lalu berpengaruh kepada pendapatan usaha. Media sosisal adalah salah satu contoh teknologi yang saat ini sedang naik daun akan tetapi, kita harus memilih media social mana yang paling tepat sasaran yang nantinya akan berdampak positif bagi perilaku sasaran dan hal ini harus segera diatasi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas penjualan yang akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan Toko Bahan Kue Aromaku dengan memanfaatkan platform media sosial. Toko Bahan Kue Aromaku terletak di Jl. Ciung Wanara No. 18 Gianyar Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali. Toko ini menyediakan berbagai macam kebutuhan dalam pembuatan kue, seperti tepung terigu, mentega, coklat bubuk, coklat batang, pasta kue, pewarna makanan, loyang kue, cup/dus kue, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dari perusahaan adalah melakukan observasi secara langsung keadaan di lapangan permasalahan pada Toko Bahan Kue Aromaku di Gianyar serta menggunakan melakukan analisa mendalam terhadap kecepatan tanggap dari pihak yang ditugaskan. Beberapa langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan program kerja ialah seperti pemasaran melalui promosi digital/penyebaran browsur dimana untuk meningkatkan penjualan, ketelitian dalam penerimaan dan pengiriman barang agar tidak terjadinya selisih stock dan pencatatan petty cash atau kas kecil Toko Bahan Kue Aromaku menggunakan aplikasi digital. Setelah pelaksanaan program kerja, optimalisasi berjalan dengan cukup baik. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam kelancaran program kerja seperti pimpinan Toko Bahan Kue Aromaku yang sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan ini serta ketersediaan fasilitas pendukung yang mamadai dalam melaksanakan kegiatan.
Referensi
Ailia, WJ. F. T., Soegoto,FA.FS., & Loindong, S. S. R. (2021). Pengaruh kualitas Akdom 2007. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Anissa & Reza, 2020. Penggunaan Media Digital pada Mas Pandemi. Jurnal Ekonomi & Bisnis.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Friesner. 2010. History of SWOT Analysis. http://www.marketingteacher.com/swot/historyof-swot.html).
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Rangkuti F. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Analisis SWOT. PT Elex Mediadan. Jakarta: PT. Gramedia Group.
LPPM. (2022). Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar
Maulidasari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.35308/baktiku
Said, S. (2011). Analisis SWOT. http://saidsite.blogspot.com/2011/05/makalah-tentang-analisaswot.html.
Sun Tzu. (1992). Seni Berperang. PT Elex Media dan PT Gramedia Group. Jakarta.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175