MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN PEMBINAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PADA PERUSAHAAN TOKO MUTIARA PERMAI KLUNGKUNG
Kata Kunci:
Pemasaran Digital, Standard Operating Procedure, KaryawanAbstrak
Pemasaran digital menjadi kunci penting dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen yang didorong oleh kemajuan teknologi. Meskipun menawarkan jangkauan yang luas, strategi pemasaran digital memerlukan pemahaman mendalam dan pelaksanaan yang tepat. Di sisi lain, kemajuan teknologi informasi memfasilitasi efisiensi operasional, namun, keberhasilannya bergantung pada kemampuan SDM dalam memahami dan mengimplementasikan teknologi tersebut. Salah satu toko kosmetik yang belum konsisten dalam penerapan pemasaran digital adalah Toko Mutiara Permai Klungkung. Toko Mutiara Permai Klungkung berlokasi di Jalan Ngurah Rai No. 4d Semarapura Tengah, Bali. Dari wawancara yang dilakukan yaitu terdapat masalah kurangnya pemahaman karyawan dalam pemasaran digital dan ketidakpatuhan terhadap Standard Operating Procedure (SOP). Solusi yang diusulkan mencakup pelatihan karyawan dalam pemasaran digital dan pembinaan Standard Operating Procedure (SOP). Dalam pelaksanaannya, metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, penyuluhan, dan pelatihan digunakan untuk memperoleh data dan memberikan solusi yang relevan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman karyawan dalam pemasaran digital dan kepatuhan terhadap Standard Operating Procedure (SOP), yang akhirnya meningkatkan produktivitas dan penjualan Toko Mutiara Permai Klungkung.
Referensi
Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
FEB Unmas Denpasar. (2022). Panduan KKN Alternatif. Program Studi Manajemen dan Akuntansi. Denpasar
Hermeiza, Y. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Reputasi Merek, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Melalui Harga Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang). Doctoral Dissertation. Universitas Putra Indonesia.
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan transaksi bisnis e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah (Jesya), 3(2), 506-519.
Permadi, I. K. O., Puspitawati, N. M. D., Usadi, M. P. P., & Lisnawati, N. K. (2023). Optimalisasi Kinerja Pegawai & Transparansi Dalam Penggunaan Dana Bos Melalui Sistem Kerja Sesuai SOP Pada SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(2), 850–856.
Pratiwi, A. M., & Rohman, A. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Dengan Pendekatan Analisis Swot Perspektif Marketing Syariah Pada Toko Fihadaessie Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah (Jesya), 6(1), 881-898
Rahayu, R., & Murtinah, T. S. (2022). Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik Di Unit Layanan Pengadaan Biro Umum, Sekretariat Presiden. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 57-67.
Sari, S. P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 3(3), 291-300.
Situmorang, D. I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Bagian Pengendalian Dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Bappeda Provinsi Sumatera Utara. Doctoral dissertation. Universitas Sumatera Utara.
Wahyuni, I. A. P. P. S., & Parma, I. P. G. (2020). Penerapan Sop Bagi Mahasiswa Pkl Pada Departemen Food And Beverage Service The Oberoi Beach Resort, Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(1), 20-28.
Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus. Ikra-Ith A