PENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI KHUSUSNYA MEDIA SOCIAL MARKETING (SHOPEE, TIKTOKSHOP & INSTAGRAM) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE LS SILVER BALI
Kata Kunci:
Internet, Digital Marketing, PenjualanAbstrak
Dalam suatu perusahaan terdapat teknik marketing dalam upaya meningkatkan penjualan di suatu Perusahaan dimana LS Silver Bali salah satunya. LS Silver adalah UMKM lokal Bali yang menjual aneka aksesoris, mulai dari aksesoris perhiasan, set bros alpaka, perak hingga emas. LS Silver Bali didirikan pada tahun 2009 oleh Ni Kadek Sri Mahery selaku owner dari LS Silver Bali.. Dalam kegiatan kkn atau kuliah kerja nyata disini penulis melakukan kegiatan kkn alternatife di LS Silver Bali. Dalam melakukan kegiatan kkn di LS Silver penulis mendapatkan permasalahan yang ada di LS Silver, permasalah tersebut ialah kurangnya mengoptimalkan social media marketing. Melihat kondisi tersebut, Kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memotivasi para karyawan dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan penjualan secara digital melalui media sosial. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, luaran yang diharapkan yaitu terciptanya sumber daya manusia yang lebih memaksimalkan penggunaan digital marketing sebagai media promosi barang maupun jasa.
Referensi
Andriana, A. N. (2021). Peran Wirausaha dalam Pengembangan UMKM dan Desa Wisata. Penerbit Lakeisha.
Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170.
Astuti, M., MM, M., Matondang, N., Kom, S., & MM, M. T. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042
Irpansyah, M. A., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. M. (2019). Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram dalam Meningkatkan Minat Beli pada Toko Online di Instagram. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 248–255.
Khasanah, F. N., Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62.
Limandono, J. A. (2017). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.
Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish.
Pribadi, A., Ghozali, K., Hidayanto, B. C., Hafidz, I., Muqtadiroh, F. A., Al Hafidz, M., ... & Sari, R. (2018). Pelatihan Teknik Social Media Marketing sebagai Sarana Pemasaran Produk pada Konveksi Kerudung ‘Al-Kattar’Di Kelurahan Merjosari, Malang. SEWAGATI, 2(1).
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.
Winarni, R., & Rahmawati, D. (2015). Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadian Dan Ipk Terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi Dalam Menggunakan Software Akuntansi Dengan Locus of Control Sebagai Variabel Moderasi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v4i1.6884