EDUKASI PENATAAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGELOLAAN SDM PADA ONLINE SHOP KUZUKABALI.CO

Penulis

  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Putu Sintia Danita Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Penataan Kondisi Lingkungan Kerja, Optimalisasi Teknologi Informasi

Abstrak

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu mata kuliah wajib di Unmas Denpasar yang bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengaplikasikan dan mengintegrasikan ilmu pengetahuan yang dikuasai untuk memecahkan permasalahan di masyarakat. Idealnya, Pengabdian masyarakat dilakukan secara konvensional, dimana mahasiswa bersentuhan langsung dengan masyarakat yang menjadi khalayak sasarannya. Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang diemban. Jika karyawan menyenangi lingkungan kerja di mana ia bekerja, maka karyawan tersebut akan betah di tempat kerjanya untuk melakukan aktivitas sehingga waktu kerja dipergunakan secara efektif dan otomatis prestasi kerja karyawan juga tinggi. Selain lingkungan kerja, teknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan bisnis di era saat ini. Dengan berkembangnya teknologi informasi, kekuatan informasi dan teknologi informasi dijadikan alat/tools dalam memenangkan persaingan/ kompetisi bisnis. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Kuzukabali.co merupakan online shop yang bergerak di bidang fashion dan sudah berdiri sejak tahun 2018. Kuzukabali.co beralamat di Br. Manukaya Anyar, Ds. Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar. Dalam hal ini mahasiswa dituntut berperan aktif dalam penataan kondisi lingkungan kerja olshop ini guna meningkatkan produktivitas dan membangun citra baik dalam masyarakat sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki mahasiswa. Dan juga banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan untuk proses pemanfaatan teknologi.

Referensi

Afandi, P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan. Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Aziz, A. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis Pos. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 10(1), 35-50.

Candra, Vincent., Simarmata, dan Mahyuddin. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625.

Syardiansah, S., & Utami, M. P. (2019). Pengaruh Lingkungan, Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pati Sari Di Aceh Tamiang. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen (JKBM), 5(2), 197-206.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Gunadi, I. G. N. B., & Danita, D. P. S. (2024). EDUKASI PENATAAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGELOLAAN SDM PADA ONLINE SHOP KUZUKABALI.CO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 53–57. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9307