EVALUASI KINERJA DAN UMPAN BALIK UNTUK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DRAGONFLY KONVEKSI
Kata Kunci:
Evaluasi Kinerja, Umpan Balik, PengembanganAbstrak
Dragonfly Konveksi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri konveksi berlokasi di Gianyar, Bali dengan orientasi pasar lokal. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilakukan di perusahaan tersebut. Tujuannya adalah untuk membantu memperkenalkan sistem evaluasi kinerja dan umpan balik bagi karyawan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Sebelumnya, perusahaan belum memiliki sistem evaluasi kinerja yang jelas dan terstruktur, serta karyawan tidak mendapatkan umpan balik secara teratur.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian membentuk tim evaluasi, menyusun SOP evaluasi, membuat formulir evaluasi, melakukan simulasi evaluasi, memberikan umpan balik kepada karyawan berdasarkan hasil simulasi, dan membantu perusahaan menentukan rencana perbaikan. Kegiatan dilaksanakan selama 1,5 bulan dari 18 Maret hingga 2 Mei 2024. Hasilnya, program kerja pengabdian berhasil dilakukan dengan ketercapaian 100%. Adapun program kerja yang dilakukan antara lain membentuk tim evaluasi Dragonfly yang terdiri dari manajer, asisten manajer, dan kepala divisi produksi. Selanjutnya menyusun perencanaan evaluasi seperti tujuan dan jadwal. Setelah itu, menyusun SOP evaluasi dan formulir evaluasi agar proses evaluasi berjalan sesuai standar. Dilakukan pula simulasi evaluasi kinerja untuk memastikan kesiapan tim. Kemudian diadakan pertemuan dengan karyawan untuk memberikan umpan balik berdasarkan hasil simulasi evaluasi. Terakhir, tim evaluasi Dragonfly menentukan rencana perbaikan berdasarkan hasil evaluasi untuk peningkatan kinerja keseluruhan. Meski terdapat kendala seperti padatnya aktivitas pihak manajemen perusahaan, partisipasi masyarakat dalam bentuk penilaian kualitas produk dan layanan juga diperoleh. Disimpulkan bahwa kegiatan memberikan manfaat bagi pengembangan sumber daya manusia di perusahaan dan dapat berlanjut di masa mendatang untuk meningkatkan produktivitas.
Referensi
Davenport, T. H., & Prusak, L. (2000). Working knowledge: How organizations manage what they know. Harvard Business School Press.
Ittner, C. D., Larcker, D. F., & Randall, T. (2003). Performance implications of strategic performance measurement in financial service firms. Accounting, Organizations and Society, 28(7-8), 715-741.
Mahyadi, M., & Anshori, M. I. (2023). Umpan balik dan evaluasi terhadap kinerja organisasi: A literature review. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 161-178.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2002). Manajemen sumber daya manusia (Buku 1). Salemba Empat.
Neely, A., Gregory, M., & Platts, K. (2014). Performance measurement system design: A literature review and research agenda. International Journal of Operations & Production Management, 15(4), 80-116.
Suhardoyo, S. (2018). Analisis implementasi model manajemen kinerja karyawan pada industri manufacture garment (Studi Kasus: PT. Tae Young Indah). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 193-198.
Whitaker, B. G., & Levy, P. (2012). Linking feedback quality and goal orientation to feedback seeking and job performance. Human Performance, 25(2), 159–178. https://doi.org/10.1080/08959285.2012.658927