UPAYA PENINGKATAN LAYANAN DAN PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA AGATHA PHOTOBOOTH BALI

Penulis

  • Anak Agung Dwi Widyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Iga Dian Candra Febrian Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Konten Edukasi TikTok, Mesin Cetak Instan, Agatha Photobooth, Photobooth

Abstrak

Agatha Photobooth merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan photobooth untuk acara-acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, event, pameran, acara formal/informal dan acara lainnya. Agatha Photobooth dilengkapi dengan booth atau area kecil yang dilengkapi dengan peralatan fotografi seperti kamera, lighting, dan printer foto instan. Agatha Photobooth berpusat di Jl. Melati, No. 45 Br. Bindu, Melar Bhuana, Abiansemal. Permasalahan yang terdapat di Agatha Photobooth adalah kurang optimalnya strategi promosi di platform TikTok, yang menyebabkan jangkauan promosi yang terbatas. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dalam pembuatan konten yang menarik. Selain itu, Agatha Photobooth juga kurang optimal dalam memanfaatkan teknologi cetak instan, yang mengakibatkan hasil cetak tidak sesuai dengan standar operasional perusahaan. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dari usaha Agatha Photobooth adalah dengan melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pemilik usaha Agatha Photobooth mengenai permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan memberikan solusi dengan melaksanakan beberapa program kerja. Beberapa langkah yang dilakukan dalam pelaksanakan program kerja yaitu seperti pelatihan, sosialisasi mengenai konten edukatif dan tata cara perawatan mesin cetak, terdapat beberapa faktor pendukung dalam kelancaran program kerja seperti pemilik usaha Agatha Photobooth yang sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan ini serta ketersediaan fasilitas pendukung yang mamadai dalam melaksanakan kegiatan.

Referensi

Amelia, A., Willyam, A. P., Salsabilla, G., Sari, R. S., & Sari, V. N. (2023). Penerapan Metode Online Marketing Pada Pengenalan Produk Untuk Meningkatkan Jumlah Jual Pada UMKM Home Industry Jagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5), 316–324.

Anugrah, M. D., Oktarini, K. W., Oktarida, A., & Firmamsyah. (2023). Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Digital Marketing. Jurnal Daya Saing, 9(2), 548–554.

Kadeni, & Srijani, N. (2020). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT 1) 2).

Krisgaharu, T., & Kusuma, B. O. P. (2022). Tingkat Efektivitas Online Marketing Untuk UMKM Semasa Pandemi Covid-19. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(2), 207–227. https://doi.org/10.24071/exero.v4i2.5033

Mudjiarto, L., & Afrianti, M. R. (2020). Efektivitas Online Promotion Mix Melalui Media Sosial Facebook Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Umkm di Wilayah Kebayoran Lama. In Jurnal Manajemen Oikonomia (Vol. 29, Issue 1).

Nasem, Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Prehanto, A., Maesaroh, S. S., & Guntara, R. G. (2022). Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Pengabdian Inovasi, 1(2), 133–140. https://journal.insankreasimedia.ac.id/index.php/JILPI

Siregar, A. O. B., & Zuliestiana, D. A. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Digital Marketing Terhadap UMKM Di Tasikmalaya Pada Masa PPKM The Effectiveness Of Implementing Digital Marketing Strategies For MSMEs In Tasikmalaya During The PPKM Period’s (Vol. 10, Issue 2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Widyani, A. A. D., & Febrian, N. P. I. D. C. (2024). UPAYA PENINGKATAN LAYANAN DAN PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA AGATHA PHOTOBOOTH BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 29–36. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9304