PENCATATAN PURCHASE REQUISITION (PR) PADA PROSEDUR PURCHASE ORDER (PO) DI HOTEL THE KAYON RESORT UBUD TEGALLALANG MELALUI SISTEM ONLINE

Penulis

  • Dominicus Djoko Budi Susilo Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Cahyadi Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Putu Eka Budiyasa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Putri Atriani Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pembelian, Sistem Online, Formulir Purchase Requisition

Abstrak

Pembelian merupakan salah satu fungsi penting untuk kelancaran operasional perusahaan, dimana perusahaan akan mendapatkan pasokan barang dari supplier untuk penyediaan barang agar permintaan perusahaan dapat dipenuhi dengan baik. Salah satunya Hotel The Kayon Resort, pembelian barang dilakukan dengan pembayaran kredit karena mendapatkan tenggang waktu pembayaran sesuai dengan syarat yang telah disepakati. Pada proses permintaan sampai dengan pembelian, bagian purchase order menggunakan sistem online, tetapi pada sistem purchase requisition belum menerapkan sistem online, masih menggunakan sistem manual yaitu berupa kertas. Artikel ini bertujuan memberlakukan formulir purchase requisition dengan sistem online pada Hotel The Kayon Resort. Metode yang dilakukan dengan cara bersosialisasi kepada setiap departemen yang ada. Harapannya artikel ini dapat memudahkan semua staf dalam melakukan pembelian barang dengan sistem online tanpa perlu lagi menggunaan kertas.

Referensi

Andi Yasir Amsal. (2022). Cara Memulai Untuk Menggunakan VHP (Visual Hotel Program). https://www.infoedukasindo.com/2022/03/bagaimana-cara-memulai-untuk.html. Diakses Pada Tanggal 26 Juli 2023.

Andi Yasir Amsal. (2022). Menu Aplikasi VHP (Visual Hotel Program). https://www.infoedukasindo.com/2022/03/menu-aplikasi-vhp-visual-hotel-program.html. Diakses Pada Tanggal 26 Juli 2023.

Asmara Jaya. (2020). VHP Visual Hotel Program. http://www.inyomanasmara.tech/2020/04/vhp-visual-hotel-program-how-to-instal_18.html. Diakses Pada Tanggal 11 Agustus 2023.

Hotel The Kayon Resort. https://thekayonresort.com/. Diakses Pada Tanggal 26 Juli 2023.

https://kagumhotel.net/it/vhp/tutor%20vhp/. Diakses Pada Tanggal 26 Juli 2023.

https://sindata.net/id/. diakses Pada Tanggal 11 Agustus 2023.

LPPM Unmas. (2021). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Richard Komar. (2006). Hotel Management. Jakarta: PT Gramedia.

Soewirjo, Herdi S. Darmo. (2007). Teori & Praktik Akuntansi Perhotelan. Yogyakarta: Andi.

Wiyasha, IBM. (2010). Akuntansi Perhotelan Penerapan Uniform System Of Accounts For The Lodging Industry. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Susilo, D. D. B., Putra, I. G. C., Budiyasa, I. G. P. E., & Dewi, N. W. P. A. (2023). PENCATATAN PURCHASE REQUISITION (PR) PADA PROSEDUR PURCHASE ORDER (PO) DI HOTEL THE KAYON RESORT UBUD TEGALLALANG MELALUI SISTEM ONLINE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1212–1218. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8029