PENINGKATAN PEMBELIAN FALALA CHOCOLATE BALI DENGAN PEMBERIAN TESTER DAN CONTOH VARIAN PRODUK DI SOSIAL MEDIA

Penulis

  • Sapta Rini Widyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Novita Rahani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Tester, Media Sosial, Promosi

Abstrak

Falala Chocolate merupakan UMKM asli Bali yang sudah berdiri sejak 10 April 2020. Setelah melakukan beberapa kali uji coba dan akhirnya Cokelat Falala diluncurkan pada April 2020. Cokelat Falala merupakan cokelat buatan tangan yang menggunakan resep sendiri dan memilih bahan-bahan khusus yang masih segar dan berkualitas tinggi. Falala Chocolate telah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Falala Chocolate Bali mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Falala Chocolate memiliki 4 official store yang tersebar di Ubud dan Bali Selatan. Falala Chocolate mulai dikenal oleh banyak orang serta banyak wisatawan yang berwisata ke Bali menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh di Falala Chocolate. Namun banyak juga dari mereka yang belum mengetahui apa itu Falala Chocolate dan varian apa saja yang ada di Falala Chocolate. Oleh karena itu, Falala Chocolate merupakan upaya agar customer Falala Cholate tidak kebingungan dalam memilih varian coklat, yaitu dengan mengadakan pengenalan produk coklat yang dijual melalui sosial media, baik sosial media pribadi milik Falala Chocolate atau melakukan endorse ke beberapa selebgram, selain itu pada store Falala juga sudahh disediakan tester untuk customer yang masih bingung memilih varian yang akan dibeli.

Referensi

Tribun Bali. (2023). Kemenparekraf Beri Apresiasi Falala Chocolate Bali Luncurkan Web Series “Cinta Dalam Sekotak Rasa”. https://bali.tribunnews.com/2023/02/13/falala-chocolate-umkm-pertama-di-indonesia-yang-produksi-karya-web-series-sambut-hari-kasih-sayang. Diakses pada 15 Agustus 2023.

Kompas.com. (2023). Hadirkan Cokelat Premium Halal, Falala Chocolate Bali Jadi Salah Satu Oleh-oleh Favorit Pulau Dewata. https://biz.kompas.com/read/2023/05/29/182520128/hadirkan-cokelat-premium-halal-falala-chocolate-bali-jadi-salah-satu-oleh-oleh. Diakses pada 15 Agustus 2023.

Falala Chocolate. (2023). Falala Chocolate Bali–Best Chocolate in Bali. https://falalachocolate.com. Diakses pada 15 Agustus 2023.

LPPM Unmas Denpasar. 2022. Panduan KKN Alternatif. Program Studi Manajemen dan Akuntansi. Unmas Denpasar: Denpasar.

Dwiyanti, Ni Kadek Ayu Saniska. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Service Quality Terhadap Consumer Purchase Decision (Studi Kasus Padafalala Chocolate Bali. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Widyawati, S. R., & Rahani, K. N. (2023). PENINGKATAN PEMBELIAN FALALA CHOCOLATE BALI DENGAN PEMBERIAN TESTER DAN CONTOH VARIAN PRODUK DI SOSIAL MEDIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1207–1211. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8028