PELATIHAN PENGOPTIMALAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM AYU MESARI
Kata Kunci:
Pelatihan, Pengoptimalan Teknologi, Pemasaran DigitalAbstrak
Pemasaran digital dapat diartikan sebagai pemasaran di mana pesan dikirim menggunakan media yang tergantung pada tekonologi digital. Cukup banyak orang mengalami ketergantungan pada internet, termasuk aktivitas UMKM dalam memanfaatkan teknologi informasi, seperti pemasaran digital. Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan penggunaan teknologi dalam meningkatkan pemasaran digital pada UMKM “Ayu Mesari”. Dalam memasarkan hasil produksinya, UMKM “Ayu Mesari” menghadapi persaingan yang cukup ketat. Karena olahan dari daging babi ini banyak digemari terutama saat hari raya besar, serta mudah diperoleh di pasaran. saat ini, Ayu Mesari masih kurang dalam pengelolaan keuangan, selain itu ayu mesari belum mengenal adanya promosi melalui social media dan brand identity yang masih kurang. Ini menyebabkan tidak adanya peningkatkan penjualan, serta calon konsumen yang belum mengenal produk olahan daging babi dari Ayu Mesari. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat pelaku UMKM “Ayu Mesari” terhadap pengelolaan keuangan, dan membantu dalam menggunakan sosial media sebagai media pemasaran digital dengan membuatkan akun Instagram, serta membantu pengembangan UMKM “Ayu Mesari” dengan mulai pembuatan desain logo setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan desain stiker logo dan desain packaging. Dari hasil penelitian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UKM.
Referensi
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H. (2019). Peluang Dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 2(2), 29–34.