OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK GRAHA KITA 18

Penulis

  • I Nengah Sudja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sri Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digital Marketing, UMKM, Marketplace, Pemasaran

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah ruang lingkup dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sering disebut dengan istilah digital marketing. Digital marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UKMK) memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Pelaku UMKM dituntut dapat memanfaatkan media digital sebagai fasilitas memasarkan produknya agar dapat menjangkau masyarakat luas. UMKM yang memiliki akses online, melibatkan media sosial, dan mengembangkan bisnis melalui e-commerce, akan menikmati berbagai keuntungan bisnis dalam hal perluasan pemasaran, peningkatan pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Graha Kita 18 ingin melebarkan jangkauan pelanggannya terutama untuk generasi muda melalui marketplace, karena saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja di marketplace karena banyaknya promo serta pilihan produknya juga cenderung lebih beragam. Namun, dengan banyaknya kompetitor yang ada di marketplace, penjualan produk Graha Kita 18 di marketplace tersebut terbilang masih sedikit. Solusi yang ditawarkan oleh tim Pengabdian Kepada masyarakat adalah memberikan pelatihan dan penyuluhan dalam menggunakan digital marketing untuk pemasaran produk. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan strategi pemasaran produk Graha Kita 18 telah berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan, diharapkan para karyawan mampu memberikan informasi dan mempromosikan produk untuk menarik pembeli melalui platform sosial media demi meningkatkan penjualan produk yang akan berdampak baik pada perkembangan perusahaan. Kepada pihak Graha Kita 18 untuk lebih memperhatikan kegiatan pemasaran lebih sering diperbaharui serta perlu adanya kontinuitas terhadap penerapan strategi-strategi perubahan tersebut.

Referensi

Izaak, W. C., Pratama, G. I., Nurdianty, F. D., & ... (2022). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya. Karya Unggul …, 1, 152–160. https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/view/85%0Ahttps://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/download/85/62

Mahasaraswati, L. P. K. 2021 U. (2021). Buku Panduan KKN. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–23.

Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., Fahmi Johan Syah, M., Jatmika, S., Nur Wahyudi, T., Chairil Asmawan, M., Annang Setiyawan, Y., & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 123–136. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Sudja, I. N., & Dewi, N. K. S. (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK GRAHA KITA 18. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1172–1175. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8022