STRATEGI MARKETING BERBASIS ONLINE PADA PT. MEGA TIARA SINAR ABADI (DEALER VESPA CABANG IMAM BONJOL DENPASAR)

Penulis

  • I Gede Yudhi Hendrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Getrin Oktavia Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Financial distress, Promosi berbasis online

Abstrak

Dalam dunia bisnis perusahaan sering mengalami kegagalan dalam persaingan pasar yang mengakibatkan perusahaan tidak mencapai target penjualan yang telah ditargetkan. Semakin tinggi persaingan antar perusahaan maka akan mengakibatkan semakin tinggi juga biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan schingga berpengaruh pada profitabilitas perusahaan, schingga perusahaan akan mengalami kerugian. Terdapat beberapa penyebab perusahaan kalah bersaing dalam persaingan pasar sehingga menyebabkan financial distress yang menjadi awal penyebab perusahaan mengalami kebangkrutan. Di Vespa Imam Bonjol Denpasar terdapat fenomena permasalahan dimana terjadi penurunan penjualan dalam beberapa bulan terakhir yang menyebabkan profit perusahaan menurun begitu juga pada semangat kerja yang dimiliki karyawan karena menurunnya tingkat kunjungan konsumen ke dealer maupun via online. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemasaran atau promosi tentang produk dan juga posisi dealer yang berbasis online.

Referensi

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2014). Manajemen Strategi. Bandung: Alfabeta.

LPPM UNMAS Denpasar. (2023). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. LPMM: Denpasar.

Permadi, I. K. O., Putra, I. G. C., Usadi, M. P. P., & Saptani, N. K. A. (2023). Peningkatan Pemasaran Dan Penggunaan Aplikasi Excel Dalam Pelaporan Keuangan Di BUM Desa Cani Sejahtera Bersama. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(1), 544–550.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI. (Diakses pada tanggal 9 Maret 2023)

Mangasa Panjaitan. (2018). Peran Keterlibatan Dan Partisipasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Vol. 4 No. 1.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Hendrawan, I. G. Y., & Oktavia, G. (2023). STRATEGI MARKETING BERBASIS ONLINE PADA PT. MEGA TIARA SINAR ABADI (DEALER VESPA CABANG IMAM BONJOL DENPASAR). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1168–1171. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8021