PEMBERDAYAAN SDM DAN SERVICE EXCELLENT PADA UMKM DEMEN KOLEKSI

Penulis

  • Ni Nyoman Ari Novarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Intan Purnama Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemberdayaan SDM, Service Excellent

Abstrak

Dalam era globalisasi dan persaingan yang ketat, setiap perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah di tentukan. Sumber daya manusia merupakan salah satu aset utama dalam suatu organisasi. Penyerapan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci dalam strategi pertumbuhan dan keberhasilan organisasi. Dalam era dinamis saat ini, sistem paruh waktu telah muncul sebagai pendekatan yang relevan dan fleksibel dalam manajemen SDM. Pekerja paruh waktu adalah seseorang yang bekerja hanya dalam sebagian waktu tertentu dari kerja normal. Selain itu keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya bergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga pada kemampuan, motivasi, dan dedikasi para karyawan. Pemberian pelayanan yang efektif atau service excellent tidak hanya menghasilkan pelanggan yang puas, tetapi juga berkontribusi pada citra positif perusahaan, dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Masalah yang ditemukan pada UMKM Demen Koleksi lalu diangkat menjadi sebuah program yaitu pengoptimalam sumberdaya manusia yang dimiliki perusahaan lalu permasalahan lainnya yakni tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan yang diberikan, dan belumnya adanya SOP tertulis terkait pelayanan.

Referensi

Heryanto, H. (2023). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Masa Pendemik di Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4537-4545.

Afrizal Motigor Purba. (2019). Analisis Penerapan SAK EMKM pada Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Berelang, Vol.3, No.2, Hal 55-63

Rifqi. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Toko Bangunan Ud Sumber Wangi Dengan Integrasi Service Quality Dan Quality Function Deployment. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Ribek. P. K., & Wiguna, I. K. A. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Penyerapan Tenaga Kerja Pada Toko Putra Aditya Di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), Vol. 1, No. 1, pp. 398-406).

Dudija, N. (2011). Perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang bekerja dengan mahasiswa yang tidak bekerja. Universitas Ahmad Dahlan.

Mukti, T. C. (2017). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan terhadap kepuasan konsumen. (JMK) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 14-26.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Novarini, N. N. A., & Dewi, N. K. I. P. (2023). PEMBERDAYAAN SDM DAN SERVICE EXCELLENT PADA UMKM DEMEN KOLEKSI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1162–1167. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8020