PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DI CV. OMEGA WATER FILTER MELALUI MEDIA DIGITAL

Penulis

  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Srijuli Artini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Media Digital, Sistem Informasi Akuntansi, Pemasaran

Abstrak

Omega Water Filter merupakan salah satu perusahaan di Denpasar Utara yang bergerak pada sistem pengolahan air. Perusahaan ini sudah berdiri selama 6 tahun, dengan lebih dari 6 tahun pengalaman (dahulu bernama Mega Water Filter), CV. Omega Water Filter telah melayani pelanggan dari hampir semua sektor industri. CV. Omega Water Filter selama ini sudah melakukan catatan transaksi dan rekap penjualan namun masih dengan sistem manual. Kegiatan pencatatan transaksi dan rekap penjualan belum optimal dikarenakan masih sering terjadi selisih pada saat pembuatan laporan keuangan yang menyebabkan tidak efektif dan efisiennya waktu kerja karyawan. Sekarang ini pelaku bisnis harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan mengikuti kemajuan tekonologi informasi dengan menerapkan pencatatan transaksi dan rekap penjualan secara digital. Oleh karena itu, melalui pengabdian ini kami memberikan solusi kepada CV. Omega Water Filter untuk menerapkan Sistem Informasi Akuntansi dengan tujuan agar kegiatan pencatatan transaksi dan rekap penjualan bisa lebih efektif dan efisien. Melalui pengabdian masyarakat ini, CV. Omega Water Filter dapat mengoptimalkan pencatatan transaksi dan rekap penjualan dengan pelatihan digitalisasi yg diberikan. Selain itu, selama ini CV. Omega Water Filter hanya mengandalkan brosur sebagai media pemasaran. Dengan begitu kami ingin membantu memasarkan produk dan jasa pada CV. Omega Water Filter melalui media sosial instagram sehingga dapat dengan sangat mudah diakses di kalangan masyarakat luas dan dapat meningkatkan penjualan di CV. Omega Water Filter.

Referensi

Aloysius Bagas Pradipta Irianto. (2020). Pemanfaatan Social Media Untuk Meningkatkan Market Share UKM. TEKNOMATIKA Vol. 8, No. 1, pp. 14-18.

Anggraini. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya. Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(9), 1–23.

Alfajri, F., Adhiazni, V., Aini, Q. (2020). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8, No. 2, pp. 1-11.

Miftah & Sukmawati, F. (2020). Digitalisasi Akuntansi Pengelolaan Keuangan Dengan Metode Accrual Basis Pada Klinik As Shifa Kendal. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 13(1):47–62.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2014). Sistem Informasi Akuntansi (Edisi 13). Jakarta: Salemba Empat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Imbayani, I. G. A., & Artini, N. W. S. (2023). PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DI CV. OMEGA WATER FILTER MELALUI MEDIA DIGITAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1151–1157. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8018