OPTIMALISASI SISTEM MANAJEMEN GUDANG SESUAI DENGAN SOP & PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG MELALUI MICROSOFT EXCEL PADA HOTEL VILLA LUMBUNG

Penulis

  • I Wayan Sujana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Artha Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

FEFO, Manajemen Gudang, Persediaan

Abstrak

Tingginya peningkatan permintaan berbanding lurus dengan aktivitas disetiap perusahaan, sehingga perusahaan ingin membagikan pelayanan secara terbaik bagi pelanggan. Masing-masing industri membutuhkan gudang selaku tempat dalam menyimpan persediaan barang. Pengendalian terhadap persediaan barang ialah faktor penunjang dalam berhasilnya aktivitas perusahaan. Faktor pengendalian persediaan barang berhubungan secara langsung dengan kegiatan penjualan pada suatu perusahaan. ketidaksesuaian terhadap stok gudang dengan stok barang di sistem dan juga adanya permasalahan terhadap persediaan stok barang yang habis. Permasalahan ini jika dibiarkan akan berdampak buruk terhadapap perusahaan dimana gudang merupakan tempat krusial karena menjadi supplay chain bagi perusahaan.

Referensi

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia. (2011). Panduan Pengajan Proposal Hibah Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mathis. Training, I. (2019). Pelatihan Menurut Para Ahli. Wordpress.Com

Permadi, I. K. O., Putra, I. G. C., Usadi, M. P. P., & Saptani, N. K. A. (2023). Peningkatan Pemasaran Dan Penggunaan Aplikasi Excel Dalam Pelaporan Keuangan Di Bum Desa Cani Sejahtera Bersama. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(1), 544–550.

Stock, J. R., & Lambert, D. M. (2001). Strategic logistics management (Vol. 4). Boston, MA: McGraw-Hill/Irwin.

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Sujana, I. W., & Wijaya, G. A. (2023). OPTIMALISASI SISTEM MANAJEMEN GUDANG SESUAI DENGAN SOP & PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG MELALUI MICROSOFT EXCEL PADA HOTEL VILLA LUMBUNG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1130–1136. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8015