PENERAPAN ABSENSI DAN LAPORAN KERJA KARYAWAN BERBASIS DIGITAL PADA PT. HASTA AYU NUSANTARA DIVISI ULTRAJAYA DENPASAR

Penulis

  • Ida Bagus Made Widiadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Tris Erwiyani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Absensi, Laporan Kerja, Karyawan, Aplikasi Mobile

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dan pesat, khususnya pada teknologi informasi dan komunikasi. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi informasi tersebut, membuat setiap orang mampu menciptakan berbagai macam peralatan sebagai alat bantu dalam melaksanakan aktivitas yang mendukung produktifitas pada suatu pekerjaan organisasi. Permasalahan yang ada pada PT. Hasta Ayu Nusantara Divisi Ultrajaya Denpasar yaitu masih kurangnya kedisiplinan karyawan pada absensi kehadiran, pengerjaan laporan kerja dan absensi karyawan masih secara manual. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini penulis menggunakan metode wawancara dan observasi. Penggunaan absensi secara manual masih kurang efektif untuk digunakan, penggunaan absensi berbasis digital dengan menggunakan aplikasi mobile dapat memudahkan karyawan dan perusahaan dalam melakukan pekerjaan baik dalam absensi, penginputan laporan kerja dan poses penarikan data. Upaya penyempurnaan penerapan absensi dan laporan kerja karyawan berbasis digital pada PT. Hasta Ayu Nusantara Divisi Ultrajaya dilakukan dengan memberikan sosialisasi mengenai absensi dan laporan digital melalui aplikasi mobile kepada pihak manajemen, melakukan traning cara penggunaan absensi dan laporan kerja digital melalui aplikasi mobile terhadap karyawan serta melakukan praktek atau penerapan absensi dan laporan kerja melalui aplikasi mobile di lapangan. Aplikasi absensi berbasis mobile ini adalah salah satu aplikasi absensi karyawan yang cukup baik digunakan dan dengan disediakan beberapa fitur atau menu yang dapat digunakan dalam pengerjaan laporan saat kunjungan dilapangan. Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan secara efektif dan efesien untuk melakukan monitoring kehadiran karyawan. Dengan adanya aplikasi ini perusahaan mendapatkan kemudahan dalam memantau absensi setiap karyawan, serta dapat mempermudah dalam proses pengolahan data absensi dan laporan kerja karyawan.

Referensi

Arifin, M., & Widiyarta, A. (2021). Efektifitas Absensi Online dalam Disiplin Kerja di Kantor Imigrasi Khusus TPI Surabaya Saat Pandemi Covid-19. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 9(1), 35-57.

Dinasari, W., Budiman, A., & Megawaty, D. A. (2020). Sistem Informasi Manajemen Absensi Guru Berbasis Mobile (Studi Kasus: Sd Negeri 3 Tangkit Serdang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 50-57.

Hendri, & Haeruddin. (2021). Perancangan Website Company Profile Dan Penjualan Minimarket Best One. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 1127–1131.

Himyar, M., Mulya, M. F., & Ringo, J. H. S. (2021). Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Android Dengan Penerapan QR Code Disertai Foto Diri Dan Lokasi Sebagai Validasi Studi Kasus: PT. Selindo Alpha. Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), 4(2), 64-74.

Muharam, M., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Media Pemasaran Hasil Pertanian dan Peternakan Desa Sumberejo. Automata, 1(2), 22–29.

Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi mobile driver online berbasis Android untuk perusahaan rental kendaraan. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 8(1), 35-42.

Yusuf, D., & Afandi, F. N. (2020). Aplikasi absensi berbasis android menggunakan validasi kordinat lokasi dan nomor handpone guna menghindari penularan virus covid 19. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, 10(1), 16-22.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Widiadnya, I. B. M., & Erwiyani, N. K. T. (2023). PENERAPAN ABSENSI DAN LAPORAN KERJA KARYAWAN BERBASIS DIGITAL PADA PT. HASTA AYU NUSANTARA DIVISI ULTRAJAYA DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1123–1129. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8014