MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MINAT MEMBACA MELALUI PROGRAM GELIS (GERAKAN LITERASI SEKOLAH) PADA SISWA DAN SISWI SD NO. 2 BUDUK

Penulis

  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Dila Merliyani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Program GELIS, Metode Belajar

Abstrak

Adanya program pengabdian masyarakat bertujuan untuk membantu siswa dan siswa dalam meningkatkan minat membaca dan kempuan berliterasi. Melalui program GELIS (Gerakan Literasi Sekolah) pada SD No. 2 Buduk di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, sudah terlaksana dengan baik. Dimulai dengan observasi, metode pembekalan, pelatihan, hingga terjun langsung ke lapangan dengan menerapkan bekal ilmu pendidikan perkuliahaan dilanjutkan dengan mengimplementasikan kepada masyarakat melalui program kerja. Metode evaluasi pelaksaan program Pengabdian Masyarakat di tinjau dari keberlangsungan program kerja dan keefektifan, keberlangsungan program pada sasaran dari setiap program kerja.

Referensi

Kemenndikbud. (2016). Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.

Sufyandi, S. & Fizah, D.U. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marg, Shri Aurbindo. (2021). “Reading Corner in Schools of Mathura District, Uttar Pradesh”. Department of Elementary Education.

Sutarno N.S. (2020). Manajemen perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Gunadi, I. G. N. B., & Merliyani, N. K. D. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MINAT MEMBACA MELALUI PROGRAM GELIS (GERAKAN LITERASI SEKOLAH) PADA SISWA DAN SISWI SD NO. 2 BUDUK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1107–1112. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8011