STRATEGI PEMASARAN PRODUK MELALUI DIGITALISASI SOSIAL MEDIA DAN OPTIMALISASI PENCATATAN PEMBUKUAN DENGAN SISTEM AKUNTANSI PADA PT DEWATA PUTRA BALI TOUR

Penulis

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Agung Widiari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pariwisata, Promosi, Laporan Keuangan

Abstrak

Sudah tidak asing lagi jika perekonomian di Bali khususnya bisnis pariwisata dan juga travel yang semakin berkembang pesat. Hal ini dikarenakan wisatawan mancanegara yang sudah semakin banyak berkunjung ke Pulau Bali setelah beberapa tahun belakangan terhalang oleh pandemi. Pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata salah satu contohnya yakni PT Dewata Putra Bali Tour. Perusahaan jasa ini telah berdiri sejak tahun 2011 dan beralamatkan di Jl. Tukad Petanu Gg. Kuntul IV No. 9 Panjer, Denpasar Selatan. Namun dalam sebuah perjalanan usaha tentunya terdapat masalah. Begitupun dengan PT Dewata Putra Bali Tour ini yang menemukan adanya kesulitan mempromosikan produk dengan menggunakan jejaring sosial, serta tidak adanya pembuatan laporan keuangan pada akhir pencatatan pembukuan. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini penulis ingin melakukan pengabdian masyarakat dalam penyelesaian sistem promosi serta metode pencatatan pembukuan agar menghasilkan laporan keuangan pada akhir periode.

Referensi

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal Of Management. Vol 6 (04) 1–14.

Muljadi, A.J. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Pertama. Bandung: Lingga Jaya.

Hanggara, Dr. Agie. (2019). Pengantar Akuntansi. Surabaya: CV. Jakad Publishing

Kamaluddin, Dr. Ir Hj. Apaty, M.Si,. (2017). Administrasi Bisnis. Indonesia: SAH Media.

Kaplan M., Haenlein Michael. (2010). Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53. (1). p. 61.

Kotler, Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

LPPM. (2021). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid-19. Universitas Mahasaraswati. Pusat Pengabdian dan Pengelolaan Kuliah Kerja Nyata. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Permadi, I. K. O., Putra, I. G. C., Usadi, M. P. P., & Saptani, N. K. A. (2023). Peningkatan Pemasaran Dan Penggunaan Aplikasi Excel Dalam Pelaporan Keuangan Di Bum Desa Cani Sejahtera Bersama. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(1), 544–550.

Romney, S. & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Septiano. (2017). Digital Marketing. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwardjono. (2015). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPEE.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Parwita, G. B. S., & Widiari, G. A. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK MELALUI DIGITALISASI SOSIAL MEDIA DAN OPTIMALISASI PENCATATAN PEMBUKUAN DENGAN SISTEM AKUNTANSI PADA PT DEWATA PUTRA BALI TOUR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1100–1106. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8010