PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA MELALUI OPTIMALISASI RESPON TIME DAN PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DI BPBD KOTA DENPASAR

Penulis

  • Anak Agung Dwi Widyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Dedi Suardita Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Public Safety Center, Respon Time, Standard Operating Procedure, BPBD

Abstrak

PSC (Public Safety Center) merupakan suatu Pasukan Tenaga Medis dibawah Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar. PSC mempunyai tugas yaitu memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat dan tepat. Kantor BPBD Kota Denpasar sendiri beralamat di Jalan Juanda Karta Wijaya No.3, Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Denpasar, Bali Indonesia. Permasalahan yang terdapat di BPBD Kota Denpasar yaitu kurangnya respon time dan penerapan Standard Operating Procedure (SOP) yang tidak optimal. Hal ini ditemukan pada saat melakukan pelayanan darurat yang menyebabkan beberapa pelayanan tidak sesuai prosedur yang sudah ditentukan sehingga berdampak ke beberapa aspek yang salah satunya respon time. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dari perusahaan adalah melakukan observasi secara langsung keadaan di lapangan permasalahan pada pelayanan operasi dari PSC di BPBD Kota Denpasar serta menggunakan melakukan analisa mendalam terhadap kecepatan tanggap dari pihak yang ditugaskan. Beberapa langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan program kerja ialah seperti sosialisasi, pelatihan, dan penyebaran poster terkait respon time serta SOP. Setelah pelaksanaan program kerja, optimalisasi berjalan dengan cukup baik. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam kelancaran program kerja seperti pimpinan BPBD Kota Denpasar yang sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan ini serta ketersediaan fasilitas pendukung yang mamadai dalam melaksanakan kegiatan

Referensi

Atmoko, Tjipto. (2011). Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instalasi Pemerintah. Unpad, Bandung.

Awusi, B. A., Nayoan, H., & Tompodung, J. (2018). Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado Dalam Upaya Penanggulangan Korban Bencana Banjir. JURNAL EKSEKUTIF, 1-10

Insani, Istyadi. 2010. Standar Operasional Prosedur (SOP) Sebagai Pedoman Pelaksanaan Administrasi Perkantoran Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Dan Kinerja Organisasi Pemerintah. Penyempurnaan Makalah pada Workshop Manajemen Perkantoran di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Bandung.

Laksmi. (2008). Standar Operasional Prosedur. Diakses pada 29 Oktober 2018, dari http://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-tujuan-fungsi-dan-manfaat-sop.html

Moekijat. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BFFE.

LPPM UNMAS Denpasar. (2022). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Bencana Pandemi Covid-19. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar

Rengganis, A. (2020). Aksi Dan Koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Pada Tahap Mitigasi Bencana. SOSFILKOM, 1-8

Sailendra, Annie. (2015). Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP. Trans Idea Publising: Jogjakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Widyani, A. A. D., & Suardita, K. D. (2023). PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA MELALUI OPTIMALISASI RESPON TIME DAN PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE DI BPBD KOTA DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1087–1092. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8005