STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI RISE AND SHINE CAFE CANGGU-BALI

Penulis

  • I Ketut Setia Sapta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Rahajeng Sukma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Media Sosial, Daya Beli, Konsumen

Abstrak

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh para pengguna media sosial. Instagram menjadi salah satu media yang banyak digunakan dikarenakan memiliki keunggulan yaitu dapat berbagi foto dan video serta instagram merupakan salah satu media yang gratis dan bisa diakses oleh siapapun dan dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya dan digunakan untuk menembangkan sebuah bisnis. Rise and Shine Cafe Canggu-Bali merupakan coffee shop yang berada di daerah Canggu, Kabupaten Badung, Bali yang telah menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana promosi. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Dalam kegiatan promosi diperlukan strategi-strategi yang tetap agar kegiatan promosi yang dilakukan dapat mencapai target. Pada dasarnya tujuan utama dari strategi promosi dan aktivitas promosi adalah sama yaitu mempengaruhi konsumen untuk memanfaatkan produk atau jasa yang ditawarkan. Strategi yang dapat dijalankan oleh Rise and Shine Cafe Canggu-Bali yaitu dengan menggunakan sosial media Instagram dalam promosi penjualan untuk menarik minat daya beli konsumen. Dalam menentukan strategi promosi atas produk yang ditawarkan Rise and Shine Cafe Canggu-Bali harus memahami 4p (produk, promosi, harga, dan tempat distribusi) hal ini berguna sebagai penentu segmentasi, targeting dan posisi dalam promosi yang akan dilakukan. Strategi yang dapat digunakan Rise and Shine Cafe Canggu-Bali yaitu dengan mengintensifkan promosi pada pasar, menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk melakukan promosi.

Referensi

Friska. (2020). 11 Varian Rasa Terfavorit untuk Bisnis Kopi Kekinian.

Hapsari, S. (2022). 5 Alasan Instagram Pilihan Promosi Terbaik di Media Sosial.

Sihotang, J. & Purwanti, A. (2021). Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Siswa SMA Tunas Baru Jin Seung Kota Batam. J. Ilm. Mhs., vol. 4, no. 1, pp. 1–8.

Rizky, S. (2019). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak.

Agnes, J. (2016). Perancangan Strategi Online Marketing Berbasis Media Sosial pada Perusahaan Eiden. PERFORMA J. Manaj. Dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 5, pp. 543–551.

Rasyid, A. A. & Purwanti, A. (2020). Pemanfaatan Instagram oleh Generasi Milenial sebagai Media Bisnis Online di Kota Batam. Intelektiva Jurnal ekonomi, Sos. Hum., vol. 1, no. 12, pp. 1–8.

Steven & Wibowo, T. (2020). Perancangan Konten Instagram Pada Indoraya Furniture. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology. Conf. Business, Soc. Sci. Innov. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 385–390, 2020, [Online]. Available: http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Sapta, I. K. S., & Dewi, P. R. S. (2023). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI RISE AND SHINE CAFE CANGGU-BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1078–1086. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8004