STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN PENINGKATAN KONTROL PENGAJUAN KREDIT DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA BUMDESMA NITI PRANA SEDANA LKD KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • Anak Agung Putu Agung Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Sinta Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran, Media Sosial, Kredit, BUM Desa Bersama

Abstrak

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kinerja BUMDESMA Niti Prana Sedana LKD dalam upaya melakukan pemasaran yang efektif dan meningkatkan kontrol atas kredit. Berdasarkan hasil obervasi, ditemukan beberapa permasalahan seperti Kurangnya pemahaman pegawai operasional Bum Desa Bersama atas penggunaan media sosial sebagai tempat pemasaran yang lebih efektif dan kurangnya peningkatan kontrol kredit atas pengajuan kredit yang kemudian hari bisa saja menyebabkan terjadinya risiko kredit. Melihat permasalahan pertama, Tim Pengabdian Masyarakat hadir untuk membantu memberikan solusi dengan adanya pendampingan tentang bagaiamana cara melakukan pemasaran melalui media sosial. Dan melihat kondisi permasalah yang kedua, Tim Pengabdian Masyarakat hadir untuk membantu memberikan solusi dengan melakukan monitoring lebih lanjut kepada Tim Verifikasi dalam pemeriksaan pengajuan kredit, agar tidak menjadi celah nantinya bagi nasabah untuk melakukan kecurangan. Penyempurnaan form verifikasi kredit ini bertujuan untuk membantu tim dalam melakukan wawancara dan memeriksa kelengkapan dokumen pengajuan kredit. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan dan dengan melihat perubahan positif yang terjadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang di programkan dan direncanakan telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Referensi

LPPM Unmas. (2023). Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Mahaputra, I. N. K. A., & Maharani, N. P. M. (2021). Strategi Pemasaran Digital Dan Penerapan Pembukuan Sederhana Sebagai Peningkatan Kinerja Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Pada UMKM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), Vol. 2, No. 1, pp. 33-39.

Santosa, M. E. S., & Pratiwi, N. M. A. Y. (2023). Meningkatkan Kontrol Terhadap Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bodhicitta Mandala Bali. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), Vol. 2, No. 1, pp. 208-213.

https://www.kompas.id/baca/opini/2023/05/15/kinerja-bum-desa

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Agung, A. A. P., & Maharani, N. P. S. (2023). STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN PENINGKATAN KONTROL PENGAJUAN KREDIT DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA BUMDESMA NITI PRANA SEDANA LKD KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1073–1077. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8003