PENGEDUKASIAN DAN PELATIHAN PEMBUKUAN DIGITAL DAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT BALI NUSA GEMILANG

Penulis

  • Ni Putu Yeni Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Aritisna Widiantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pembukuan Digital, SOP, Pelayanan

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program wajib yang dilaksanakan pada Universitas Mahasaraswati Denpasar. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada PT Bali Nusa Gemilang yang terletak pada Pelabuhan Sanur dan Pelabuhan Serangan, Denpasar, Bali.Pada kegiatan ini memberikan pengedukasian dan pelatihan pembuatan pembukuan digital serta pemahaman mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk meningkatan kualitas pelayanan pada PT Bali Nusa Gemilang. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan berkat adanya dukungan penuh dari Direktur utama serta antusias karyawan PT Bali Nusa Gemilang yang luar biasa

Referensi

Azizah, N. L., Indahyanti, U., Latifah, F. N., & Sumadyo, S. B. (2021). Pemanfaatan Pembukuan Digital pada Kelompok UMKM di Sidoarjo Sebagai Media Perencanaan Keuangan. Community Empowerment, 6(1), 64-70.

Hapsari, D. P., Andari, A., & Hasanah, A. N. (2017). Model pembukuan sederhana bagi usaha mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Mukti, T. C. (2017). Pengaruh standar operasional prosedur (SOP) pelayanan terhadap kepuasan konsumen. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 2(1), 14-26.

Novita, D., Ekawati, R. K., & Amelia, L. (2021). Sosialisasi Penggunaan Microsoft Excel untuk Pembukuan Sederhana di Usaha Ritel Tradisional Toko Cholid. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PADIMAS), 1(1), 30-36.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Vidyarana, I. J. (2020). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Kualitas Pelayanan di SPBU 44.551. 17 Kota Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Astiti, N. P. Y., & Widiantari, K. A. (2023). PENGEDUKASIAN DAN PELATIHAN PEMBUKUAN DIGITAL DAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT BALI NUSA GEMILANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1066–1072. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8002